Saturday, 16 May 2015

Modulasi sinyal

Modulasi sinyal pada dasarnya adalah pengalian, penambahan, pengurangan, pembagian sinyal satu dengan sinyal yang lainnya (pengaritmatikaan sinyal yang satu dengan sinyal yang lainnya)

Contoh:
1. f(x) = 2 * sin(x); ini juga sudah merupakan modulasi sinyal;
2. f(x) = 2 sin (x ) * sin x;

Trus caranya mengimplementasikan modulasi pengalian sinyal ini berdasarkan rangkaian elektronika bagaimana?
 

Thursday, 14 May 2015

Analisa rangkaian paralel

Diberi rangkaian paralel keren dan sederhana seperti berikut ini, tentukan I1 dan I2:


Algorithm / langkah-langkahnya adalah:
1. Menemukan R total (Rt)
2. Menentukan I total
3. Mencari I1
4. Mencari I2

Elektron mengalir cepat sekali, sehingga tidak bisa kita gambarkan pergerakannya. Yang dapat kita lakukan adalah memperhitungkan apa yang ditimbulkan atau dihasilkan karena adanya aliran elektron tersebut; atau dengan kata lain dengan adanya pergerakan elektron lah maka timbul tegangan di R1 dan tegangan di R2 serta ada arus pada I1 dan arus I2.

1. R total
Rtotal = R1  x R2 / (R1 + R2) = 1 KOHM X 1 KOHM / (1 KOHM + 1 KOHM)
= 1/2 x KOHM
= 500 OHM

R total dibutuhkan untuk mencari I total pada poin 2.

Sebenarnya kita tidak perlu hitung R total terlebih dahulu untuk mencari I1 dan I2. Bisa langsung poin 3 dan 4.

2. I total
I total adalah arus keseluruhan yang mengalir pada rangkaian ketika nilai Resistansi total sudah didapatkan.

I total = Vsumber / R total = 12 Volt / 500 OHM = 0,024 A = 24 mA

Sebenarnya kita tidak perlu hitung I total terlebih dahulu untuk mencari I1 dan I2. Bisa langsung poin 3 dan 4.

3. I1
Arus 1 atau I1 adalah arus yang mengalir pada R1.

Setelah riset berbulan-bulan peneliti elektronik terdahulu mempelajari suatu sifat yaitu tegangan pada percabangan paralel sama dengan tegangan source atau sumber.

Jadi bertolak dari sifat diatas, tegangan di R1 (VR1) adalah sama dengan tegangan dari sumber tegangan yaitu = 12 Volt.

Jadi, I1 = 12 V / 1 KOHM = 12 mA.

4. I2

Arus 2 atau I2 adalah arus yang mengalir pada R2 dan tegangan di R2 (VR2) adalah sama dengan tegangan dari sumber tegangan = 12 Volt.

I2 = 12V / 1 KOHM = 12 mA.

Sekarang jika I1 ditotalkan bersama dengan I2 12mA+12mA menjadi 24mA. I total (poin 2) juga 24 mA, jadi sudah benar.

5. Daya (Power)
> P pada R1 (power pada R1) adalah:
PR1 = V1. I1
PR1 = 12Volt. I1 = 12Volt. 12mA = 144 VoltmA = 144 Joule

> P pada R2 (power pada R2) adalah:
PR2= V2. I2
PR2 = 12Volt. 12mA
PR2 =144Volt.mA ; 1 VoltA = 1 Watt
PR2 = 144 mW

> Bagaimana kalau P total ?
Ada 3 pilihan rumus untuk menghitung rumus P:
(1) P = V . I
(2) P = I^2 . R
(3) P = V^2 . R

Tapi yang lebih sering dipakai adalah yang (1).

Btw, setiap mesin-mesin dipabrik dinyatakan dengan watt, bahkan mesin sederhana dan kecil disekitar kita misalnya setrika dinyatakan dengan watt contoh 120 watt. Ini merupakan ketentuan.

Rangkaian paralel ini disebut I divider, pemecah arus. Buku teks menyebutkan pembagi arus tapi pemecah arus lebih menjelaskan.

Sementara rangkaian seri disebut V divider, pemecah tegangan. Buku teks juga menyebutkan pembagi tegangan tapi pemecah tegangan lebih menjelaskan.

Saturday, 9 May 2015

Baterai

Baterai Dengan resistansi (ohm) internal

Ketika baterai gagal, itu biasanya karena telah membangun resistansi internal cukup bahwa tidak bisa lagi memasok sejumlah manfaat listrik ke beban eksternal.  


Jika Anda mengukur tegangan baterai gagal / baterai yang rusak yang terputus/disconnect/tidak terhubung ke rangkaian apa-apa, Anda biasanya akan menemukan bahwa ia memiliki tegangan mendekati normal, sehingga voltmeter bukanlah alat yang berguna untuk menilai tingkat kehidupan yang tersisa di baterai

Jika Anda menghubungkan baterai ke resistance eksternal, maka Anda akan menemukan bahwa tegangan pada terminal baterai turun; ini dapat diartikan sebagai menjatuhkan sebagian besar tegangan pada resistansi internal sehingga tidak tersedia untuk layanan eksternal. Contoh berikut ini memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi efek resistensi internal.

 

Jadi mengukur baterai harus terhubung / dihubungkan ke sebuah rangkaian; yang dalam hal ini rangkaian yang memiliki sebuah Rload, baru kelihatan rusak atau tidaknya sebuah baterai atau aki.

Jika anda bisa perhatikan dalam gambar, R internal (baterai) dan R load (eksternal) itu terhubung secara seri, bukan terhubung secara paralel; cekidot, jadi maka dari itu Resistansi seri antara R internal dan R load adalah R internal ditambah R load. Karena baterai rusak R internal nya menjadi bertambah gede / besar (biasanya), maka R seri menjadi tambah gede / besar juga. Sehingga arus yang dikeluarkan/disuplai baterai ke dalam rangkaian menjadi kecil (hukum Ohm (I = V / R)).
R bertambah besar dengan nilai V masih nilai yang dulu maka, I menjadi lebih sangat kecil dari I sebelum R bertambah besar.

Sekian semoga bermanfaat.

Friday, 8 May 2015

Menghitung luas daun

Menghitung luas daun
-Ambil kertas multimeter
- jiplak daun ke atas kertas multimeter
- hitung jumlah kotak dalam kertas multimeter

Rangkaian pengingat (memori)

Misalkan kita ingin membuat rangkaian pengingat (memori). Saya punya ide rangkaian pengingat seperti dibawah ini:
Warning: jangan takut terhadap kapasitor.


Nada dan frekuensi

1 - Nada C standard atau C4 atau C oktaf ke empat frekuensi : 261 Hz, perioda: 3830 detik
2 - Nada D frekuensi : 294 Hz, perioda : 3400 s
3 - Nada E frekuensi : 329 Hz, perioda : 3038 s
4 - Nada F frekuensi : 349 Hz, perioda : 2864 s
5 - Nada G frekuensi : 392 Hz, perioda : 2550 s
6 - Nada A frekuensi : 440 Hz, perioda : 2272 s
7 - Nada B frekuensi : 493 Hz, perioda : 2028 s
8 - Nada C+ frekuensi : 523 Hz, perioda : 1912 s

Jadi oke kita mengerti sekarang tentang nada!

Dan kamu bisa lihat bahwa nada C (poin 1) adalah 261 gelombang per 1 detik / 261 gelombang didalam 1 detik, Nada D adalah 294 gelombang didalam 1 detik, Apabila kamu memainkan nada C selama 2 detik berarti 261 gelombang dikali 2 = 522 gelombang atau getaran yang kamu mainkan dalam musik.

Bergetar bukan main!

Viva la Indonesia!

Wednesday, 6 May 2015

What is the sum of 2 numbers whose average is 20?

LC Circuit dan radio tuner

Pengenalan

Didalam aktivitas ini kita akan mempelajari bagaiamana sebuah sirkuit tuning radio bekerja dengan menginvestigasi sebuah sirkuit terdiri dari sebuah induktor dan sebuah kapasitor -- sebuah rangkaian LC.

Ketika kamu berhasil menyelesaikan aktivitas ini kamu akan bisa untuk:
- Menjelaskan properti-properti dari sebuah rangkaian LC.
- Menjelaskan resonansi dari sebuah rangkaian LC.
- Menjelaskan bagaimana sebuah rangkaian LC bisa digunakan sebagai sebuah radio tuner.

Prosedur 1 - Rangkaian LC

Buka PHET "Circuit Construction Kit (AC + DC)"

1. Buatlah sebuah rangkaian terdiri dari baterai, sebuah kapasitor, dan sebuah switch. Apa yang dapat kamu lihat atau amati ketika kamu menutup switch?

2. Klik kanan pada kapasitor dan pilih "change capacitance". Gerakkan slider untuk mengubah nilai kapasitansi/capacitance. Perubahan apa yang kamu lihat saat nilai capacitance meningkat?

3. Atur/ubah capacitor ke 0.09 Farad. Secara hati-hati putuskan hubungan beterai dari rangkaian dan buat sebuah sirkuti yang baru dengan kapasitor yang telah diisi (masih pada 0.09 Farad) dan sebuah inductor diatur pada 10 Henrys -- tanpa baterai.

Bawa/keluarkan alat Current Chart ke rangkaianmu dan letakkan detektornya keatas sebuah kabel/wire. Kamu mungkin harus mengatur tombol +/- untuk membaca dengan baik.

Gunakan stopwatch untuk menentukan waktu untuk 1 cycle penuh/lengkap. Untuk meminimalisasi error starting dan error stopping kamu harus mengukur beberapa cycle dan dibagi tepat untuk menemukan waktu untuk satu siklus.

Ingat kembali, waktu untuk satu cycle adalah disebut period atau perioda dan frekuensi itu setara/sama dengan 1/period. Catat nilai capacitance, inductance, period dan frequency.

4. Menurut teori, frequency natural, f, dari sirkuit berosilasi ini ditentukan oleh:
Apakah nilai kamu di bagian 3 setuju dengan ini?

5. Ulangi kedua langkah terakhir untuk dua nilai capacitance yang lain.

Procedure 2 - Resonance: Jika rangkaian / sirkuit ini di-"hit" pada frekuensi naturalnya, rangkaian ini akan beresonansi (resonate), yaitu, rangkaian ini akan berosilasi dengan arus yang besar.

Tambahkan sebuah power supply AC ke rangkaianmu.

6. Atur capacitance ke C = 0.09 Farad dan inductance ke L = 10 Henrys. Klik kanan sumber power dan atur frekuensinya ke sebuah nilai yang bukan frekuensi natural dari rangkaian ini. Tunggu paling tidak satu menit dan jelaskan pengamatanmu.

7. Buka switch dan atur ulang frekuensi AC jadi supaya frekuensi AC itu sama dengan frekuensi natural dari rangkaian / sirkuit. Tunggu paling tidak satu menit dan gambarkan penelitianmu, temukan kesamaan dan perbedaan dengan bagian A. (Kamu mungkin menemukan bahwa arus menjadi begitu besar sehingga bagian dari rangkaian terbakar. Di sebuah rangkaian real akan ada cukup hambatan untuk mencegah ini.

8. Ulangi langkah ini untuk dua set dari nilai L dan C yang kamu gunakan pada prosedur 1.

Radio Tuners

Pada sebuah radio tuner resonansi diperoleh dari sebuah gelombang elektromagnetik yang datang (incoming) daripada sebuah sumber tegangan AC. Rangkaian tuner terdiri dari sebuah induktor (koil induktor) dan sebuah kapasitor variabel. Mengubah/mengganti stasiun berarti mengubah/mengganti nilai capacitance.

Setiap stasiun radio mentransimisi/memancarkan gelombang elektromagnetik pada suatu frekuensi dan semua frekuensi dari beragam stasiun mencapai antena dari radio kamu. Hanya frekuensi yang sama dengan frekuensi alami dari rangkaian / sirkuit tuner yang akan menghasilkan sebuah arus yang cukup untuk diambil (picked up) dan kemudian diperkuat.

Sebuah radio tuner FM diatur untuk menerima sebuah stasiun. Tuner itu memiliki sebuah 1.4 microHenry coil inductance dan sebuah capacitor variabel yang diatur ke 1.8 picoFarad. Berapa frekuensi yang dipancarkan stasiun ini?
Petunjuk:



Sebuah stasiun FM membroadcast dari 87.5 FM ke 107.5 FM. Ingat kembali bahwa 1MHz = 1 x 10^6 Hz.

Pseudocode

Pseudocode langkah-langkahnya adalah:

1. Set the capacitor at 0.09 Farad.
2. Disconnect the battery from the capacitor
3. Grab the capacitor and build new circuit with that capacitor and new inductor (10Henry)
4. Bring the current chart to our circuit place the detector over a wire
5. Use stopwatch to determine the time for one complete cycle


Friday, 1 May 2015

B
Mo
i
r
N
l
Phi
V
E
-N
Delta Fluks
Delta t
fluks
A
cos tetha
n
Ps
Vp
Ip
Vs
Is
Sin 90
R
-L
Delta i


Chemistry : Exploring molecule dengan metode struktur elektronik

Step-stepnya:
1. Tentukan unsur yang ingin dipelajari
2. Ambil tabel periodik kimia, baca properti unsur yang akan dipelajari, dapatkan informasi:

vinyl
15 protons
15 electrons

glass
66 proton
66 electron

Wednesday, 29 April 2015

Electronic spark

You need 1000v to make a spark jump 1 mm, i.e. you need 100v to make a spark jump 0.1 mm.

Is it DC or AC?

It isn't just voltage that decide when and how a spark happens, it's current, voltage, the humidity of the air, pressure of the air, and temperature. There are many more, but they do not add any drastic significance.

Tuesday, 28 April 2015

I2C
===

1. Definisikan kecepatan clock kita, terserah kita.
Contoh: 9600 bps
"Ada 9600 bit per second; ada 9600 bit dalam 1 detik, 1 bit = 1/ 9600 second

2. Addressing
Ada 2 opsi:
1. General addressing atau specific IC addressing

Sunday, 19 April 2015

1. Suatu resistor 220 OHM didalam:

1. range 200 = Unidentified
2. range 2K = .221
3. range 20K = 0.21
4. range 200K = 00.1
5. range 20M = .000

2.  Suatu power supply yang tidak diketahui besarnya, diukur paralel dengan sebuah resistor:
1. range 200mV = Unidentified
2. range 2V = Unidentified
3. range 20V = 3.32V
4. range 200V = 03.3V
5. range 600V = 003V

3. Suatu arus yang tidak diketuhi besarnya, diukur secara seri dengan sebuah resistor
1. 200m = 14.6mA
2. 20m = 14.09 mA
3. 2m = 1.
4. 200 = 1  .



1. Every component have input power specification.
- Motor
- LED, voltage forwarding:
- Capacitor
- Inductor

2. Every component can be classified / categorized as INPUT device or OUTPUT device
For example INPUT:
1. Potentiometer
2. Switch: Tactile switch,
3. Temperature sensor
4. Humidity sensor
5. RFID Sensor
6. Water sensor
7. LDR (Light dependent resistor)

For example OUTPUT:
1. LED Display
2. LED
3. LED Matrix
4. 7 Segment display
5. Piezzo speaker
6. Motor
7.

3. Continuity test
- Resistor don't beep
- LED don't beep
- Potentiometer beep between midle pin / leg and right pin / leg
- Capacitor don't beep
- Transistor don't beep
- LED matrix

4. Every project can be categorized as :
1. Controller based
2. Without controller



Absorb-Unlease


Capacitor absorb energy when its positive pole connect to positive power supply.
Capacitor unleash energy when ....

Friday, 17 April 2015

Arduino

Digital dan analog

Pin-pin pada Arduino terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. Pin digital
2. Pin analog

1. Pin digital

Pin digital bisa digunakan sebagai digital read dan digital write dan Pin digital juga bisa digunakan sebagai analog write.

Jika ada arus yang masuk ke pin read maka Digital read membaca high atau low.
Digital write

2. Pin analog

Pin analog tidak bisa digunakan sebagai analog write. Gunakan pin digital saja untuk menulis analog signal, untuk hidupkan speaker, redup-terangkan LED, atau meubah-ubah kecepatan motor.

Semua pin analog cuma bisa digunakan sebagai analog input saja atau dengan kata lain Pin analog hanya bisa digunakan sebagai membaca analog read saja tidak untuk analog write.

Analog write dilakukan justru menggunakan pin digital, yaitu dengan menggunakan metode PWM (Pulse Width Modulation); lebar pulsa on dan off nya diubah-ubah atau dimodulasikan.

Cara PWM,
analogread(pin, value)
pin :
value : 0 - 255

Jadi input atau output

Ada dua pilihan bagi semua pin Arduino:
1. Menjadi input, atau
2. Menjadi output

Jadi Input atau output ini ditentukan dari pinMode()-nya.
Contoh:
pinMode(8, INPUT)
pinMode(8,OUTPUT)
pinMode(8,INPUT_PULLUP)






Mengenal keyword-keyword di dalam bahasa C

Mengenal keyword di dalam bahasa C berarti setengah mengenal bahasa C, setengahnya lagi algoritma pemrograman anda.

Auto, break, case, cdecl, char, const, continue, default, do, double, else, enum, extern, far, float, for, goto, huge, if, int, interrupt, long, near, pascal, register, return, short, signed, sizeof, static, switch, typedef, union, unsigned, void, volatile, dan while.

1. Auto
2. Break
3. case
4. *cdecl
5. char
6. const
7. continue
8. default
9. do
10. double
11. else
12. enum
13. extern
14. *far
15. float
16. for
17. goto
18.  *huge
19. if
20. int
21. *interrupt
22. long
23. *near
24. *pascal
25. register
26. return
27. short
28. signed
29. sizeof
30. static
31. struct
32. switch
33. typedef
34. union
35. unsigned
36. void
37. volatile
38. while

Bahasa C adalah bahasa yang sensitif terhadap bentuk huruf (case-sensitive) artinya huruf kecil dan huruf besar Bahasa C anggap berbeda.

Selain keyword

Disamping keyword-keyword diatas ada juga yang disebut preprocessor directive, contoh:
#define
Prepocessor #define untuk aliasing perintah
Contoh:
#define utama main
#define mulai {
#define selesai }


#include
Prepocessor #include untuk melibatkan file .C yang lain atau file .h yang lain.
Contoh:
#include <stdio.h>
#include "rubah.c"

Thursday, 16 April 2015

User di Linux System




1. Normal user
Normal user adalah user yang hak nya dibatasi/terbatas.
Account normal user contohnya: pi.
Normal user bisa melakukan apa saja dengan mengetik sudo.
Normal user yang bisa melakukan sudo disebut sudoer. Tidak semua normal user bisa melakukan sudo,  daftar normal user yang bisa menggunakan sudo ada di visudo file.
Normal user bisa meningkat sebagai superuser dengan mengetikkan su.

2. Superuser
Superuser adalah user yang haknya tidak terbatas; superuser bisa melakukan/mengkonfig apa saja.
Account Superuser contohnya adalah: root.
Superuser bisa melakukan apasaja.


Task dalam hal user:
1. Meng-create user baru
sudo adduser nix


2. Menghapus user
sudo delete 

Thursday, 9 April 2015

SMALL BASIC menggunakan ASCII

Small basic ternyata menggunakan ASCII

ASCII adalah sebuah tabel pemetaan antara karakter dan kode yang ditetapkan. Contoh: untuk mencetak karakter (") dibutuhkan kode ascii 34.

Tuesday, 7 April 2015

Please introduce the
1. Floatee element
2. The floating element

Floatee element will float/wrap around the floating element.

If there is enough space, the floatee element will wrap/encapsulate the the floating element.
If there is not enough space, the floatee element will not wrap the floating element, but go to new line.

Floating is used to build
1. Picture wrapping style
2. 3 rows page


 

Monday, 6 April 2015

1. Mengubah warna latar belakang dari halaman menjadi kuning / "yellow"
2. Mengubah semua font di halaman menjadi: "courier"
3. Mengubah warna semua paragraf (p); tidak termasuk heading,
4. Menambah border warna ke semua paragraf
<p style="border:1px red">
5. Menambah id dengan nilai "special" kepada paragraf terakhir.
 <p id="special">
6. Menambah class dengan nilai "intro" kesemua paragraf.
<p intro="class">This is a paragraph</p>
<p intro="class>This is also paragraph</p>


Wednesday, 1 April 2015

Probabilitas

1. Tentukan / defenisikan ruang sample
2. Tentukan jenis kejadian event yang ingin kamu lacak/telusuri/trace. Pilihan dibuat dari ruang sampel yang telah kamu sebutkan/defenisikan sebelumnya pada nomor 1.
3. Tentukan jumlah percobaan: 2 kali, 4 kali, 5 kali, dsb..
4. Hitung peluang dari munculnya jenis kejadian yang disebutkan pada nomor 2,

Contoh:
Ruang sample mata dadu = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
Jenis kejadian event yang:
1. Kejadian muncul angka 1
2. Kejadian muncul angka 2
3. Kejadian muncul angka 3, ... dan seterusnya, hingga kejadian muncul angka 6.


 

Sunday, 29 March 2015

1. Display string "Aloha" and wait for user input and quit the program.

C:\Users\WIN7>debug
-a 100
1393:0100 db 'Aloha$'
1393:0106 mov ah, 09
1393:0108 mov dx, 100
1393:010B int 21
1393:010D mov ah, 01
1393:010F int 21
1393:0111 int 20
1393:0113
-rcx
CX 0000
:13
-n nanonano.com
-w
Writing 00013 bytes
-q

C:\Users\WIN7>nanonano.com
Aloha



01 --> Cares the key that pressed

08 --> Do not care about the key that pressed before quit.


2. Display two string "Aloha" and "Its good" without creating newline





3. Wait for user input ('Key' not 'String') dan melakukan condition jump
debug
-a 
138A:0100 jmp 135
db 'Are you cool ? [y/n] : $'
-a 135
jmp 150
138B:0137 db 'Lol u are a loosa!$'
138B:014A
-a 150
138B:0150 jmp 170
138B:0152 db 'yay, me too!$'
138B:015F
-a 170
138B:0170 jmp 210
138B:0173 db 0d, 0a, 'Press any key to continue. . . $'
138B:0195
-a 210
138B:0210 mov ah, 09
138B:0212 mov dx, 102
138B:0215 int 21
138B:0217 mov ah, 01
138B:0219 int 21
138B:021B cmp al, 79
138B:021D je 230
138B:021F jne 260
138B:0221
-a 230
138B:0230 mov ah, 09
138B:0232 mov dx, 152
138B:0235 int 21
138B:0237 mov ah, 09
138B:0239 mov dx, 173
138B:023C int 21
138B:023E int 20
138B:0240
-a 260
138B:0260 mov ah, 09
138B:0262 mov dx, 137
138B:0265 int 21
138B:0267 mov ah, 09
138B:0269 mov dx, 173
138B:026C int 21
138B:026E mov ah, 08
138B:0270 int 21
138B:0272 int 20
138B:0274
-rcx
CX 0000
:174
-n j3.com
-w
Writing 00174 bytes
-q
Memahami science dari sudut memahami perilakunya. Baru kalau ada meteran dan waktu, diukur berapa lama reaksi ini terjadi lengkap (complete) jika diberi aksi sesuatu.

Misalnya kalau diberi ini jadi begini. Filosofi ini juga terdaftar di hukum newton ketiga: "Ada aksi ada reaksi".


Thursday, 26 March 2015

Small Basic: Program that interupt

This the example of sub that interrupt the main loop i.e. main program:
'maincode
GraphicsWindow.MouseDown = mousclick 

For i = 0 to 10000000000
  TextWindow.WriteLine("Hello")
  Program.delay(1000)
endfor

sub mousclick
if Mouse.IsLeftButtonDown = "true" then
Program.End()
endif
endsub
1. Rangka
Seperti halnya rangka html:
<html>
<head>
</head>
<body>
 Tulisan-tulisan halaman web / content ditambahkan disini.
</body>
</html>

assembly juga punya rangka:
.code

.segment

.data

 2. Untuk mengkompile file assembly (.asm) membutuhkan
Alurkerjanya: .asm > .obj > .com atau .exe

Tugas register SI DI memegang peranan penting dalam operasi pada string.
Register CX untuk counter pada looping

Tampilan debug


Tampilan memori komputer (menggunakan debug command di shell windows "debug filekamu.com dan -d"):


Properti file program .asm kamu:
1. Jumlah segmen
2.

Alamat-alamat memory
B800h:0000

Wednesday, 25 March 2015

communicative
A +B

associative
as long its add


excercise 1:
A + AB = A

ex 2:
(AB)(BC)

Industry
1. Communication/Information technology
2. Electronics
3. Machinery/Car/Chemical
4. Medical
5. Construction/Real Estate
6. Food
7. Consumer goods/Apparel
8. Speciality trading
9. General trading company
10. Retail/logistics
11. Banking
12. Insurance
13. Securities
14. Other financial
15. Publishing/Media
16. Hospitality/




In each industry there are below position:
1.
2.
3.
4.
5.

Tuesday, 24 March 2015

Purpose:
To get rid of the unnecessary.
To get the connection between or

Problems:
Below is the seed problem of two variables from which we can derive the algorithm.

Problem 1. AB + A + B
Solving:
1. AB + A + B
2. (AB + A) + B ; adding parantheses
3. A . (B + 1) + B ; look for a
4. A . 1 + B ; (B+1) is equal to 1
5. A + B ; Done /Finish


Problem 2. AB + A
Solving:
1. A.B + A
2. A(B+1)
3. A.1
4. A

Problem 1. A OR A or in other case:
A + A
Solving:
1. I build truth table to solve this.
A A OUT
0 0 0
1 1 1

2. Conclude that OUT is the same value with A, so, A + A is equal to A.

Problem 0. AB + AB
Solve:
1. AB + AB
2. A(B+B)
3. AB

Boolean algebra

Distributive law:
A(B+C) = AB + AC
A+BC = (A + B)(A+C)

Identity law:
A + 0 = A (Anything ORed with 0 is itself)
A * 1 = A (Anything ANDed with 1 is itself)

Complement LAW:
A + not A = 1
A * not A = 0
Any variable inverted twice is itself
not (not B) = B

Dual property
Statement
not (0) = 1
A + 1 = 1
A + A = A
A + not (A) = 1

Dual
not(1) = 0
A * 0 = 0
A * A = A
A * not(A) = 0



Hey how many display we have?
1. 1 digit Display 7 segment
2. 4 digit 7 segment display
3. Dot matrix
4. dan terakhir, LCD display 1 buah

And how to connect with them or control them?

Sunday, 22 March 2015

Mengenal sirkuit logikal dari ekspresi/pernyataan Matematika logikal

Pengetahuan matematika logika ini bagi saya seperti sihir. Tapi tidak, saya tidak mau mempelajari sihir.

Matematika logikal adalah pelajaran yang paling kurang relevansinya bagi kehidupan saya tapi paling saya tidak mengerti dan sulit untuk dikuasai pada waktu kuliah di teknik elektro.

Hampir tidak saya temukan penggunaannya di dalam dunia nyata selain untuk merancang/mendesain penjaluran pipa-pipa air. Itu pun jarang digunakan. Biasanya mah penjaluran pipa-pipa air dibuat sederhana saja cukup seperti bintang saja atau star dengan tanki utama.

Tapi okelah kita pelajarin saja.

Untuk belajar matematika logika kita akan belajar dari : http://math.hws.edu/TMCM/java/labs/xLogicCircuitsLab1.html. Yang baik dari halaman ini adalah, mereka membuat atau lebih tepatnya membagikan secara cuma-cuma applet java untuk bisa anda gunakan dalam mendesain rangkaian gate dengan mudah dan menyenangkan. Anda dapat me-launch applet-nya dari halaman web alamat diatas.

Applet ini juga akan anda gunakan pada waktu mengerjakan excercise-exercise di bagian bawah artikel blog ini.

 Sedikit pembukaan:

1. Jangan kaget, Matematika logikal berbeda dengan matematika aritmatika yang dipelajari dalam fisika atau matematika murni.

Mat. aritmatika operatornya antara lain: +, - , /, x, sementara mat. logikal operator (tanda-tanda)nya adalah: AND, OR, NOT dan nilai yang dioperasikannya / yang akan dikerjakan 'True' atau 'False' yang disimpan kedalam variabel-variabelnya, sementara matematika aritmatika nilai yang dioperasikannya adalah angka numerikal, angka bulat dan angka pecahan. Betul tidak?

Matematika logikal diekspresikan dengan aljabar boolean. Contoh salah satu ekspresi dalam aljabar boolean, antara lain:
(A and C) or (B and (not C))

Yang akan kita lakukan disini adalah, membangun sirkuit dari ekspresi aljabar boolean menggunakan gerbang logika AND, OR dan NOT yang terbuat dari transistor.

Suatu catatan: To build a circuit for an expression of the form (X and Y and Z), you should insert some extra parentheses, which don't change the answer. Think of the expression as ((X and Y) and Z), and build the circuit using two AND gates


Oke mulai, Langkah pembuatan sirkutinya sebagai berikut (Bapak ku bilang salah metode, pekerjaan bisa tidak terselesaikan) :
1. Hitung jumlah variabel yang saat ini digunakan:
> 3 buah variabel; variabel A, C dan B.

2. Tentukan apakah mulai dari kiri atau kanan:
> Mulai dari kiri

3. Hitung jumlah operator yang ada di dalam ekspresi:
> 4 buah operator

4. Cari operator pertama dari kiri.
> operator AND
Keterangan: Operator unary = not, operator bineri = AND, OR.
Operator biner memakai 2 variabel disebelah kiri dan kanannya, sementara operator unari memakai 1 variabel disebelah kanannya.

5. Buat gate A AND C

6. Langkah selanjutnya ini agak sulit dijelaskan: B and (not c)). Coba buat sendiri dulu.

7. Baru kemudian rangkaikan hasil nomor empat dengan hasil nomor 5 melalui sebuah gerbang OR.


Latihan
1. Meringkas ekspresi yang panjang menjadi lebih pendek
Ringkaslah ekspresi berikut: (A and (not B)) or (B and (not A))
(A or B) and (not ((A and B))

2. Menghitung jumlah kombinasi buat dicek.
> Misalkan kamu mempunyai dua input, berapa banyak kombinasi input yang harus kamu cek? Jawab 2 pangkat 2 = 4

> Misalkan kamu ada 3 input, berapa banyak kombinasi input yang harus kamu cek? Jawab 2 pangkat 3 = 8 

Pertanyaan ini sebenarnya gampang, pertanyaan ini bertanya berapa banyak baris / row di dalam truth table kamu.

3. Soal ini sekitar membuat/menentukan sirkuit di software applet
(A and B and C) or (not B) 

  4. Diberikan tabel output seperti dibawah ini, buatlah rangkaian / sirkuitnya di software applet.

 Input 1   Input 2   Output 
ON ON ON
ON OFF ON
OFF ON OFF
OFF OFF ON


5. Diberikan sirkuit / rangkaian seperti dibawah ini, buatlah ekspresi boolean dari output-outputnya dan kasih tahu bagaimana cara kamu mendapatkannya.


Caranya:
> tentukan / pilih output yang mana yang disebelah kanan yang ingin kamu buat boolean expressionnya terlebih dahulu. Disini operator booleannya saya ketik huruf besar semua ya
Output 1; output pertama yang paling kanan atas.
Out 1 = Input 1 OR NOT Input 2

//untuk Out 2 ini rada ribet. Tapi tidak apa-apa kita bisa.
Out 2 = ((NOT input 2) AND Input 1) OR ( Input 1 AND Input 3)

 //untuk Out 3 ini lebih ribet lagi. Tetap kita pasti bisa.
Out 3 = (not input1) and (input2 or input3) or not ((input 2 or input 3) and input 4)




Regardless the circuit, truth table-nya sebagai berikut:
Input 1 Input 2 Input 3 Input 4  Output 1 Output 2 Output 3

musical notes their frequency and wave length


Flip-flop terdapat beberapa jenis:
1. RS flip-flop
2. JK flip-flop
3. D-flip flop
4. T-flip flop

Saturday, 21 March 2015

Javascript: array

Array dapat dipandang sebagai rak buku; dalam hal ini rak nilai.

Merujuk array adalah dengan nama dan indexnya.

Pada JS array adalah sebuah object. Objek array punya beberapa metod joining, reversing, and sorting. Objek array mempunyai properti seperti panjang (length).




Listrik / Electricity

Electricity adalah bagaimana membuat elektron (muatan negatif) berpindah dari satu tempat ke tampat yang lainnya secara terus menerus (secara looping).

Electricity adalah bagaimana membuat elektron (muatan negatif) bergerak dari satu tempat ke tampat yang lainnya secara terus menerus (secara looping) sampai tenaga baterai habis.

Ukuran electricity adalah jumlah elektron yang melintasi suatu tempat setiap satu detik. Jadi kalau kamu mengamati perpindahan elektron selama 10 detik dan setelah dihitung-hitung jumlah elektron yang mengalir 100 elektron, maka dalam 1 detik ada 10 elektron rata-rata.

Yang pertama dilakukan adalah

This may seem like a very simplistic question that does not need answering when, in fact, it is a question that many people do not know the true answer to. Computers have existed a lot longer than the transistor in mechanical and theoretical form. The actual definition of a computer was thought up by a very intelligent individual by the name of Alan Turing. He described a machine that was termed the Turing Machine. Every computer that we use today, from the computer or cell phone that you are reading this on to supercomputers all can be classified as a Turing Machine at their most simplistic level.

What is a Turing Machine? A Turing Machine consists of 4 parts: the tape, head, table and state register. To visualize the operation of such a machine you first have to imagine a film strip spanning infinitely in each direction. Now imagine that each cell of this film strip can contain only one of a defined set of symbols (like an alphabet). For this example let us imagine that each cell can only contain either a "0" or a"1". These cells can be rewritten an infinite amount of time but retain their information indefinitely until they are changed again. The part of the Turing Machine known as the head can write symbols to the cells as well as either increment or decrement its position on the film strip by a given integer (whole number) of cells. The next part is the table which holds a given set of instructions for the head to execute such as "move right 4 cells" and "set cell to 1". The fourth and final part of a Turing Machine is its state register whose purpose is to hold the current state of the machine. The state includes the instruction as well as the current data on the tape.

That is how simple the operation of a computer is. When your computer operates, it is actually operating as a turing machine. It processes data held on your computer by a given set of instructions and algorithms. The computer described in this Instructable is a very simplistic model of a computer, but it still operates as one that you can program with a set of instructions that it will follow and execute.

Friday, 20 March 2015

NAT
To translate address.

Firewall
To burn infectious packet.

Access-list
To disable a host to access another host.

SNMP
To send devices log to another device that standby to capture.

Dynamic routing
To tell other router when one router is changing their network that he serve.

QoS
To better serve one packet type than another packet type.



The IDEA is before you able to develop bigger network you may try to use small device.

Here at home, I have 2 wireless router that have capabilites such dynamic routing, nat, firewall, and bandwidth.

1 router is connected to the internet, other not directly connected to the internet;

Warning: TP-Link only support 1 network address per cable and wireless.

So we only have chance to build 2 network address on our network.


Task you need to do to accomplish are:
0. Setup wireless setting
1. Bridging 2 wireless SSID
2. Configure and use dynamic routing of both routing so host can communicate
3.

To configure dynamic routing, you need data:
1.
2.


2. Bridging 2 wireless SSID
To configure bridging, you need data:


3. Access restriction
To restrict an access you need:
1.
2.
3.


4. To limit the bandwidth
- Out of router 2 router 1, you need data:


5. To NAT certain address you need a data:
1. What address


6. To setting Firewall you need data:
- Are you use SPI



Javascript application are:
1. Database-driven application
2. Animated 2D and 3D graphics
3. Create games
4. Make things happen when you click a button
5. Image galeries
6.

Start 1: Hello World
1. Create a folder call it "scripts"
2. Then outside that folder create main.js and index.html
3. 

Thursday, 19 March 2015

Apa saja sih yang bisa dibangun dengan javascript:



Javascript bisa apa saja?
1. Javascript bisa mengubah isi dari html
Misalnya:
document.getElementById("demo").innerHTML = "Hello JavaScript";

2. Javascript bisa mengubah atribut / properti html
Misalnya:

3. Javascript bisa memvalidasi data. Contoh sebagai berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>JavaScript Can Validate Input</h1>

<p>Please input a number between 1 and 10:</p>

<input id="numb" type="number">

<button type="button" onclick="myFunction()">Submit</button>

<p id="demo"></p>

<script>
function myFunction() {
    var x, text;

    // Get the value of the input field with id="numb"
    x = document.getElementById("numb").value;

    // If x is Not a Number or less than one or greater than 10
    if (isNaN(x) || x < 1 || x > 10) {
        text = "Input not valid";
    } else {
        text = "Input OK";
    }
    document.getElementById("demo").innerHTML = text;
}
</script>

</body>
</html> 

Transistor Lab #2 : Counter circuit

Counting in binary is sophisticated technique hardly to figures; but I finally understand but I almost go insane, that is how transistor used to do arithmatic add between 2 bits together.

At first sight you will really hardly found the key concept. I am in electronics for 5 years, but I finally understand the key in my last year.

The hardest part of binary arithmatic (specially adding together bits) are the carry concept / mechanism.

We can just do binary arithmatic using XOR operation, but when we add 1 + 1 the result shoud be 2, but binary limited the output into 0, 1. There is no number 2. This I confuse about.

But, after reading a lots of tutorial I know now that the carry mechanism it self is using another designated circuit. So there are 2 circuit in arithmatic adder.

The carry circuit was OR circuit and the add circuit is XOR operation. So the total is 2 circuits but supplied with same two A and B input. And the output must be 2. So counting in binary need 2 output, in this case 2 LEDs.

Lets build it

First build an XOR circuit and then built the OR circuit and then connect the A, and B input and then connect the 1 LED to XOR circuit and another LED to OR circuit.









HOW can computer count binary

1. We need to know how computer add 1 bit binary


A B Out
0 0

Transistor labs: Electronic Gates

Forget about that silly litle thing. We do this begin with simple thing: "connect this and that".
We will try to build this:
1. Not gate
2. AND gates
3. OR gates
4. NAND gate
5. NOR gate

Di lab ini juga kamu akan mengetahui apa hubungan antara transistor dengan chip-chip IC dan ngapain kamu beli/nyari chip IC di toko Glodok elektronika sewaktu ingin membuat rangkaian elektronika.

Sebagai pemanasan kamu bisa menonton video berikut:


Oke?

Start:
1. A Not Gate
transistor not gate

Rangkaian not gate ini gampang dibuat. Cuma membutuhkan sebuah transistor. Letakkan out sebelum transistor atau dengan kata lain pada kaki collector dan amati out jika A diberi tegangan dan tidak diberi tegangan.

Letakkan a pada basis. Hubungkan kaki emitter pada ground.


2. An AND gate

2-input transistor and gate


Rangkaian AND gate ini gampang dibuat.



3. An OR gates
2-input transistor or gate

Yang paling rumit memang yang bagian tengah diagram. Tapi, kalau berhati-hati kita berhasil membuat rangkaian tersebut diatas breadboard kita.

1 lingkaran = 1 transistor. Jadi rangkaian terdiri dari 2 lingkaran, jadi jumlah transistor yang dibutuhkan = 2 transistor.

4. An XOR gate

exclusive-or gate equivalent

Can you define how many transistor we need to build just an XOR gate based on above?
Answer:
2 for the OR gate, 2 for the AND gate, 2 for the last NAND gate. So the total is 2+2+2 = 6 transistors.

Because its need many transistors or too complex to build, then our ancestor has think about this and introduce us to use an IC (integrated circuit); too fasten human to build such gate.

They produce IC since 1970s. Also, because they know that computers will need lots of this gates to build.


4. NAND gates
2-input transistor nand gate


Apa perbedaan dalam rangkaian AND gate dan NAND gate?
>> Simple, output dikeataskan (NAND) atau dikebawahkan (AND) atau dengan kata lain, output sebelum transistor (AND) atau sesudah transistor (NAND).

5. NOR gate
2-input transistor nor gate

Apa perbedaan dalam rangkaian OR gate dan NOR gate?
>> Simple, output dikeataskan atau dikebawahkan.


Kesimpulan :
1. Gate-gate yang tersedia and, not, or, xor, nand, nor, x-nor.
2. Untuk mengimplementasi gerbang logika juga dapat menggunakan/membeli chip IC.
3. Untuk membuat gerbang logika juga bisa dengan menggunakan switch/saklar.

Next:
1. Bagaimana membuat computer yang bisa menambah / mengaritmatika angka / number?
2. Bagaimana kalau kita membuat permainan berdasarkan transistor?

QUIZ

1. Coba hitung ada berapa gate di dalam IC kita dibawah ini; IC ini bernama/bermerek dagang: "7408 Quad 2-input AND-Gate":

7408 Quad 2-input AND Gate

:

7408 logic and gate

Yup, jawabannya 4 buah gate berjenis AND. Yup lagi, jika kamu membeli IC ini di toko elektronik apek-apek cina kamu bisa membuat 4 buah gerbang and dengan hanya 1 buah IC ini. Dibandingkan jika menggunakan


2. Coba hitung ada berapa gate OR di dalam chip IC ini; IC ini bernama/bermerek dagang: "7432 Quad 2-Input Logic OR  gate"

7432 logic or gate

Yup sama, chip ini terdapat empat gate OR.


3. Coba hutung ada berapa gate NOR di dalam IC ini; IC ini bernama/bermerek dagang: "

7402 logic nor gate
Yup, sama chip ini terdapat empat gate NOR.


Wednesday, 18 March 2015

Electronics: Measurement

1. How to calculate the voltage accross
Principe: To calculate the voltage, the multimeter must be in paralel to what it want to measure.

2. How to calculate the current through an
Principle: To calculate the current, the multimeter must be in serial to what it want to measure.