Ketika
suatu perusahaan tumbuh untuk mencakup kantor cabang, layanan
e-commerce, atau operasi global, jaringan LAN tunggal tidak lagi cukup
untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Wide area network (WAN) akses telah menjadi penting untuk bisnis yang lebih besar saat ini.Ada berbagai teknologi WAN untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari bisnis dan banyak cara untuk skala jaringan. Menambahkan akses WAN memperkenalkan pertimbangan lain, seperti keamanan jaringan dan manajemen alamat. Akibatnya, merancang WAN dan memilih layanan jaringan operator yang benar bukanlah hal yang mudah.Dalam
bab ini, Anda akan mulai menjelajahi beberapa pilihan yang tersedia
untuk merancang WAN perusahaan, teknologi yang tersedia untuk
melaksanakannya, dan terminologi yang digunakan untuk mendiskusikannya. Anda
akan belajar tentang memilih yang tepat teknologi WAN, layanan, dan
perangkat untuk memenuhi perubahan kebutuhan bisnis suatu perusahaan
berkembang. Kegiatan dan laboratorium mengkonfirmasi dan memperkuat belajar Anda.Setelah
menyelesaikan bab ini, Anda akan dapat mengidentifikasi dan
menggambarkan teknologi WAN yang sesuai untuk mengaktifkan layanan WAN
yang terintegrasi melalui jaringan perusahaan multilokasi.
Bisnis dan Jaringan merekaSebagai perusahaan tumbuh, mereka mempekerjakan lebih banyak karyawan, kantor cabang terbuka, dan memperluas ke pasar global. Perubahan ini juga mempengaruhi kebutuhan mereka untuk layanan terpadu dan mendorong kebutuhan jaringan mereka. Dalam topik ini, kita akan membahas bagaimana jaringan perusahaan mengubah untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis mereka.Setiap bisnis yang unik dan bagaimana suatu organisasi tumbuh tergantung pada banyak faktor, seperti jenis produk atau jasa bisnis menjual, filosofi manajemen dari pemilik, dan iklim ekonomi negara di mana bisnis beroperasi.Di masa ekonomi yang lambat, banyak perusahaan fokus pada peningkatan profitabilitas mereka dengan meningkatkan efisiensi operasi yang sudah ada, meningkatkan produktivitas karyawan, dan menurunkan biaya operasi. Membangun dan mengelola jaringan dapat mewakili biaya instalasi dan operasi yang signifikan. Untuk membenarkan biaya besar seperti, perusahaan berharap jaringan mereka untuk tampil maksimal dan dapat memberikan sebuah array yang semakin meningkat dari layanan dan aplikasi untuk mendukung produktivitas dan profitabilitas.Untuk menggambarkan, mari kita lihat contoh sebuah perusahaan fiktif bernama Span Teknik, dan melihat bagaimana persyaratan jaringan berubah sebagai perusahaan tumbuh dari bisnis lokal kecil menjadi perusahaan global.Klik tab pada gambar untuk melihat setiap tahap pertumbuhan dan topologi jaringan yang terkait.Kantor Kecil (Single LAN)Span Engineering, sebuah perusahaan konsultan lingkungan, telah mengembangkan proses khusus untuk mengkonversi limbah rumah tangga menjadi listrik dan mengembangkan proyek percontohan kecil untuk pemerintah kota di daerah lokal. Perusahaan, yang telah dalam bisnis selama empat tahun, telah berkembang untuk memasukkan 15 karyawan: enam insinyur, empat gambar (CAD) desainer dibantu komputer, resepsionis, dua mitra senior, dan dua asisten kantor.Manajemen Span Engineering berharap bahwa mereka akan memiliki proyek skala penuh setelah proyek percontohan berhasil menunjukkan kelayakan proses mereka. Sampai saat itu, perusahaan harus mengelola biaya dengan hati-hati.Untuk kantor kecil mereka, Span Teknik menggunakan LAN tunggal untuk berbagi informasi antara komputer, dan untuk berbagi peripheral, seperti printer, plotter skala besar (untuk mencetak gambar teknik), dan peralatan faks. Mereka baru-baru ini ditingkatkan LAN mereka untuk memberikan suara murah melalui IP (VoIP) untuk menghemat biaya saluran telepon terpisah untuk karyawan mereka.Koneksi ke Internet melalui layanan broadband umum disebut Digital Subscriber Line (DSL), yang disediakan oleh penyedia layanan telepon lokal mereka. Dengan begitu sedikit karyawan, bandwidth bukan masalah yang signifikan.Perusahaan tidak mampu teknologi informasi (TI) staf pendukung di-rumah, dan menggunakan layanan dukungan yang dibeli dari penyedia layanan yang sama. Perusahaan juga menggunakan layanan hosting daripada membeli dan mengoperasikan FTP dan e-mail server sendiri. Angka ini menunjukkan contoh dari kantor kecil dan jaringan.Kampus (Multiple LAN)Lima tahun kemudian, Span Teknik telah berkembang dengan pesat. Sebagai pemilik berharap, perusahaan ini dikontrak untuk merancang dan menerapkan fasilitas konversi sampah berukuran penuh setelah keberhasilan pelaksanaan pilot plant pertama mereka. Sejak itu, proyek-proyek lainnya juga telah menang di kota tetangga dan di bagian lain negara.Untuk menangani beban kerja tambahan, bisnis telah mempekerjakan lebih banyak staf dan menyewa ruang kantor yang lebih. Ini sekarang menjadi kecil untuk bisnis menengah dengan beberapa ratus karyawan. Banyak proyek yang sedang dikembangkan pada saat yang sama, dan masing-masing membutuhkan manajer proyek dan staf pendukung. Perusahaan telah menyelenggarakan sendiri ke departemen fungsional, dengan masing-masing departemen memiliki tim organisasi sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan tumbuh, perusahaan telah pindah ke beberapa lantai dari gedung kantor yang lebih besar.Sebagai bisnis telah berkembang, jaringan juga telah berkembang. Alih-alih LAN kecil tunggal, jaringan sekarang terdiri dari beberapa subjaringan, masing-masing dikhususkan untuk departemen yang berbeda. Sebagai contoh, semua staf teknik berada pada satu LAN, sementara staf pemasaran di LAN lain. Ini beberapa LAN bergabung untuk membuat jaringan, atau kampus seluruh perusahaan, yang meliputi beberapa lantai bangunan.Bisnis sekarang memiliki staf TI di-rumah untuk mendukung dan memelihara jaringan. Jaringan ini mencakup server untuk e-mail, transfer data dan penyimpanan file, perangkat produktivitas berbasis web dan aplikasi, serta untuk intranet perusahaan untuk memberikan in-house dokumen dan informasi kepada karyawan. Selain itu, perusahaan memiliki extranet yang menyediakan informasi proyek hanya untuk pelanggan yang ditunjuk.Cabang (WAN)Lima tahun kemudian, Span Teknik telah begitu sukses dengan proses dipatenkan bahwa permintaan untuk layanan telah meroket, dan proyek-proyek baru yang sekarang sedang dibangun di kota-kota lainnya. Untuk mengelola proyek-proyek, perusahaan telah membuka kantor cabang kecil lebih dekat dengan lokasi proyek.Situasi ini menyajikan tantangan baru untuk tim IT. Untuk mengelola penyampaian informasi dan layanan di seluruh perusahaan, Span Teknik kini memiliki pusat data, yang merupakan tempat berbagai database dan server perusahaan. Untuk memastikan bahwa semua bagian dari bisnis dapat mengakses layanan yang sama dan aplikasi tanpa memperhatikan tempat kantor berada, perusahaan sekarang perlu untuk mengimplementasikan WAN.Untuk kantor cabang yang berada di kota-kota di dekatnya, perusahaan memutuskan untuk menggunakan jalur khusus swasta melalui penyedia layanan lokal mereka. Namun, bagi mereka kantor yang berlokasi di negara-negara lain, Internet sekarang merupakan pilihan koneksi WAN yang menarik. Meskipun menghubungkan kantor melalui Internet ekonomis, memperkenalkan masalah keamanan dan privasi yang tim TI harus alamat.Distributed (Global)Span Mesin kini telah berada di bisnis selama 20 tahun dan telah berkembang ribuan karyawan didistribusikan di kantor-kantor di seluruh dunia. Biaya jaringan dan layanan terkait sekarang menjadi beban signifikan. Perusahaan ini sekarang mencari untuk menyediakan karyawan dengan layanan jaringan terbaik dengan biaya terendah. Layanan jaringan dioptimalkan akan memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja pada efisiensi yang tinggi.Untuk meningkatkan profitabilitas, Span Teknik perlu mengurangi biaya operasi. Ini telah pindah beberapa fasilitas kantor untuk daerah yang lebih murah. Perusahaan ini juga mendorong teleworking dan tim virtual. Aplikasi berbasis web, termasuk web-conferencing, e-learning, dan alat-alat kolaborasi online, yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya. Situs-untuk-situs dan remote akses Virtual Private Networks (VPN) memungkinkan perusahaan untuk menggunakan Internet untuk terhubung dengan mudah dan aman dengan karyawan dan fasilitas di seluruh dunia. Untuk memenuhi persyaratan ini, jaringan harus menyediakan layanan konvergensi yang diperlukan dan aman konektivitas internet WAN ke kantor jauh dan individu.Sebagaimana telah kita lihat dari contoh ini, persyaratan jaringan perusahaan dapat berubah secara dramatis sebagai perusahaan tumbuh dari waktu ke waktu. Mendistribusikan karyawan menghemat biaya dalam banyak hal, tetapi menempatkan tuntutan peningkatan pada jaringan. Tidak hanya jaringan harus memenuhi sehari-hari kebutuhan operasional bisnis, tapi perlu untuk dapat beradaptasi dan tumbuh sebagai perubahan perusahaan. Desainer jaringan dan administrator memenuhi tantangan ini dengan hati-hati memilih teknologi jaringan, protokol, dan penyedia layanan, dan dengan mengoptimalkan jaringan mereka menggunakan banyak teknik yang kami ajarkan dalam seri ini kursus. Topik berikutnya menggambarkan model jaringan untuk merancang jaringan yang dapat mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis saat ini berkembang.
- Jelaskan bagaimana arsitektur enterprise Cisco menyediakan layanan terintegrasi melalui jaringan perusahaan.
- Jelaskan kunci konsep teknologi WAN.
- Pilih teknologi WAN yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan yang berbeda.
Bisnis dan Jaringan merekaSebagai perusahaan tumbuh, mereka mempekerjakan lebih banyak karyawan, kantor cabang terbuka, dan memperluas ke pasar global. Perubahan ini juga mempengaruhi kebutuhan mereka untuk layanan terpadu dan mendorong kebutuhan jaringan mereka. Dalam topik ini, kita akan membahas bagaimana jaringan perusahaan mengubah untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis mereka.Setiap bisnis yang unik dan bagaimana suatu organisasi tumbuh tergantung pada banyak faktor, seperti jenis produk atau jasa bisnis menjual, filosofi manajemen dari pemilik, dan iklim ekonomi negara di mana bisnis beroperasi.Di masa ekonomi yang lambat, banyak perusahaan fokus pada peningkatan profitabilitas mereka dengan meningkatkan efisiensi operasi yang sudah ada, meningkatkan produktivitas karyawan, dan menurunkan biaya operasi. Membangun dan mengelola jaringan dapat mewakili biaya instalasi dan operasi yang signifikan. Untuk membenarkan biaya besar seperti, perusahaan berharap jaringan mereka untuk tampil maksimal dan dapat memberikan sebuah array yang semakin meningkat dari layanan dan aplikasi untuk mendukung produktivitas dan profitabilitas.Untuk menggambarkan, mari kita lihat contoh sebuah perusahaan fiktif bernama Span Teknik, dan melihat bagaimana persyaratan jaringan berubah sebagai perusahaan tumbuh dari bisnis lokal kecil menjadi perusahaan global.Klik tab pada gambar untuk melihat setiap tahap pertumbuhan dan topologi jaringan yang terkait.Kantor Kecil (Single LAN)Span Engineering, sebuah perusahaan konsultan lingkungan, telah mengembangkan proses khusus untuk mengkonversi limbah rumah tangga menjadi listrik dan mengembangkan proyek percontohan kecil untuk pemerintah kota di daerah lokal. Perusahaan, yang telah dalam bisnis selama empat tahun, telah berkembang untuk memasukkan 15 karyawan: enam insinyur, empat gambar (CAD) desainer dibantu komputer, resepsionis, dua mitra senior, dan dua asisten kantor.Manajemen Span Engineering berharap bahwa mereka akan memiliki proyek skala penuh setelah proyek percontohan berhasil menunjukkan kelayakan proses mereka. Sampai saat itu, perusahaan harus mengelola biaya dengan hati-hati.Untuk kantor kecil mereka, Span Teknik menggunakan LAN tunggal untuk berbagi informasi antara komputer, dan untuk berbagi peripheral, seperti printer, plotter skala besar (untuk mencetak gambar teknik), dan peralatan faks. Mereka baru-baru ini ditingkatkan LAN mereka untuk memberikan suara murah melalui IP (VoIP) untuk menghemat biaya saluran telepon terpisah untuk karyawan mereka.Koneksi ke Internet melalui layanan broadband umum disebut Digital Subscriber Line (DSL), yang disediakan oleh penyedia layanan telepon lokal mereka. Dengan begitu sedikit karyawan, bandwidth bukan masalah yang signifikan.Perusahaan tidak mampu teknologi informasi (TI) staf pendukung di-rumah, dan menggunakan layanan dukungan yang dibeli dari penyedia layanan yang sama. Perusahaan juga menggunakan layanan hosting daripada membeli dan mengoperasikan FTP dan e-mail server sendiri. Angka ini menunjukkan contoh dari kantor kecil dan jaringan.Kampus (Multiple LAN)Lima tahun kemudian, Span Teknik telah berkembang dengan pesat. Sebagai pemilik berharap, perusahaan ini dikontrak untuk merancang dan menerapkan fasilitas konversi sampah berukuran penuh setelah keberhasilan pelaksanaan pilot plant pertama mereka. Sejak itu, proyek-proyek lainnya juga telah menang di kota tetangga dan di bagian lain negara.Untuk menangani beban kerja tambahan, bisnis telah mempekerjakan lebih banyak staf dan menyewa ruang kantor yang lebih. Ini sekarang menjadi kecil untuk bisnis menengah dengan beberapa ratus karyawan. Banyak proyek yang sedang dikembangkan pada saat yang sama, dan masing-masing membutuhkan manajer proyek dan staf pendukung. Perusahaan telah menyelenggarakan sendiri ke departemen fungsional, dengan masing-masing departemen memiliki tim organisasi sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan tumbuh, perusahaan telah pindah ke beberapa lantai dari gedung kantor yang lebih besar.Sebagai bisnis telah berkembang, jaringan juga telah berkembang. Alih-alih LAN kecil tunggal, jaringan sekarang terdiri dari beberapa subjaringan, masing-masing dikhususkan untuk departemen yang berbeda. Sebagai contoh, semua staf teknik berada pada satu LAN, sementara staf pemasaran di LAN lain. Ini beberapa LAN bergabung untuk membuat jaringan, atau kampus seluruh perusahaan, yang meliputi beberapa lantai bangunan.Bisnis sekarang memiliki staf TI di-rumah untuk mendukung dan memelihara jaringan. Jaringan ini mencakup server untuk e-mail, transfer data dan penyimpanan file, perangkat produktivitas berbasis web dan aplikasi, serta untuk intranet perusahaan untuk memberikan in-house dokumen dan informasi kepada karyawan. Selain itu, perusahaan memiliki extranet yang menyediakan informasi proyek hanya untuk pelanggan yang ditunjuk.Cabang (WAN)Lima tahun kemudian, Span Teknik telah begitu sukses dengan proses dipatenkan bahwa permintaan untuk layanan telah meroket, dan proyek-proyek baru yang sekarang sedang dibangun di kota-kota lainnya. Untuk mengelola proyek-proyek, perusahaan telah membuka kantor cabang kecil lebih dekat dengan lokasi proyek.Situasi ini menyajikan tantangan baru untuk tim IT. Untuk mengelola penyampaian informasi dan layanan di seluruh perusahaan, Span Teknik kini memiliki pusat data, yang merupakan tempat berbagai database dan server perusahaan. Untuk memastikan bahwa semua bagian dari bisnis dapat mengakses layanan yang sama dan aplikasi tanpa memperhatikan tempat kantor berada, perusahaan sekarang perlu untuk mengimplementasikan WAN.Untuk kantor cabang yang berada di kota-kota di dekatnya, perusahaan memutuskan untuk menggunakan jalur khusus swasta melalui penyedia layanan lokal mereka. Namun, bagi mereka kantor yang berlokasi di negara-negara lain, Internet sekarang merupakan pilihan koneksi WAN yang menarik. Meskipun menghubungkan kantor melalui Internet ekonomis, memperkenalkan masalah keamanan dan privasi yang tim TI harus alamat.Distributed (Global)Span Mesin kini telah berada di bisnis selama 20 tahun dan telah berkembang ribuan karyawan didistribusikan di kantor-kantor di seluruh dunia. Biaya jaringan dan layanan terkait sekarang menjadi beban signifikan. Perusahaan ini sekarang mencari untuk menyediakan karyawan dengan layanan jaringan terbaik dengan biaya terendah. Layanan jaringan dioptimalkan akan memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja pada efisiensi yang tinggi.Untuk meningkatkan profitabilitas, Span Teknik perlu mengurangi biaya operasi. Ini telah pindah beberapa fasilitas kantor untuk daerah yang lebih murah. Perusahaan ini juga mendorong teleworking dan tim virtual. Aplikasi berbasis web, termasuk web-conferencing, e-learning, dan alat-alat kolaborasi online, yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya. Situs-untuk-situs dan remote akses Virtual Private Networks (VPN) memungkinkan perusahaan untuk menggunakan Internet untuk terhubung dengan mudah dan aman dengan karyawan dan fasilitas di seluruh dunia. Untuk memenuhi persyaratan ini, jaringan harus menyediakan layanan konvergensi yang diperlukan dan aman konektivitas internet WAN ke kantor jauh dan individu.Sebagaimana telah kita lihat dari contoh ini, persyaratan jaringan perusahaan dapat berubah secara dramatis sebagai perusahaan tumbuh dari waktu ke waktu. Mendistribusikan karyawan menghemat biaya dalam banyak hal, tetapi menempatkan tuntutan peningkatan pada jaringan. Tidak hanya jaringan harus memenuhi sehari-hari kebutuhan operasional bisnis, tapi perlu untuk dapat beradaptasi dan tumbuh sebagai perubahan perusahaan. Desainer jaringan dan administrator memenuhi tantangan ini dengan hati-hati memilih teknologi jaringan, protokol, dan penyedia layanan, dan dengan mengoptimalkan jaringan mereka menggunakan banyak teknik yang kami ajarkan dalam seri ini kursus. Topik berikutnya menggambarkan model jaringan untuk merancang jaringan yang dapat mengakomodasi perubahan kebutuhan bisnis saat ini berkembang.
No comments:
Post a Comment