Thursday 18 September 2014

EIGRP

Verb aktif
EIGRP menunjukkan sebuah evolusi dari pendahulunya IGRP (Internet Gateway Routing Protocol).
EIGRP menggabungkan kemampuan-kemampuan protokol link-state kedalam protokol distance vector.
EIGRP sebagai tambahan memuat sejumlah protokol-protokol penting yang meningkatkan efisiensi pekerjaan dibandingkan protokol routing lainnya.
DUAL memungkinkan router EIGRP untuk menentukan apakah sebuah path yang diadvertised oleh suatu tetangga itu di loop atau bebas-loop, dan memungkinkan sebuah router yang sedang menjalankan EIGRP untuk menemukan jalur-jalur alternatif tanpa harus menunggu sebuah updates dari router lainnya.
Kemampuan utama yang membedakan EIGRP dari routing protocol lainnya mencakup fast convergence, dukungan terhadap subnet-mask yang variable-length, dukungan untuk update parsial, dan dukungan untuk protokol-protokol layer network yang beragam.
Sebuah router yang sedang menjalankan EIGRP menyimpan semua routing table tetangganya supaya router itu dapat dengan cepat beradaptasi ke rute-rute alternatif.
Dukungan EIGRP terhadap subnet mask varible-length mengizinkan rute-rute untuk secara otomatis di summerisasi ke batas nomor network.
EIGRP tidak membuat update periodis, malahan EIGRP mengirim update-update parsial hanya ketika metrik untuk suatu route berubah.
EIGRP mencakup dukungan untuk AppleTalk, IP, dan Novell NetWare.
Implementasi dukungan EIGRP terhadap AppleTalk mendistribusi ulang rute-rute yang telah dipelajari dari Routing Table Maintenance Protocol (RTMP).
Implementasi dukungan EIGRP terhadap IP mendistribusi ulang rute-rute yang telah dipelajari dari OSPF, Routing Information Protocol (RIP), Intermediate System-to-Intermediate System (IS-IS), Exterior Gateway Protocol (EGP), atau Border Gateway Protocol (BGP).
Implementasi dukungan EIGRP terhadap Novell mendistribusi ulang rute-rute yang telah dipelajari dari Novell RIP atau Service Advertisement Protocol (SAP).
Mekanisme discovery/recovery tetangga memampukan router-router untuk secara dinamis belajar tentang router-router lainnya pada network-network yang terpasang secara langsung dengannya.
RTP melayani transmisi paket-paket multicast atau unicast.


Verb pasif
Evolusi yang ditunjukkan oleh EIGRP ini dihasilkan dari perubahan-perubahan jaringan (networking) dan permintaan beragam internetwork-internetwork, skala besar.

Can
EIGRP dapat dikonfigurasi untuk meringkas pada batas bit manapun di interface manapun.
Dua router yang tetap berfungsi dapat saling menukarkan informasi routing.

Kalimat When
EIGRP mengirim update-update parsial hanya ketika metrik untuk suatu route berubah.
Router-router juga harus menemukan (discover) ketika tetangga-tetangganya menjadi tidak dapat dijangkau (unreachable) atau tidak berfungsi (inoperative) dengan cara mengirimkan paket hello protocol secara periodis. Selama router tetap menerima paket-paket hello dari sebuah router yang bertetangga, router itu tetap berasumsi bahwa tetangga itu sedang berfungsi.


Adalah (is/am/are)
Salah satu protokol penting tambahan dalam EIGRP adalah Diffusing Update Algorithm (DUAL) yang dikembangkan di SRI international oleh Dr. J.J. Garcia-Luna-Aceves.
Propagasi (pemberitaan) dari update parsial adalah secara otomatis terikat supaya hanya router-router yang membutuhkan informasi itu yang di update.
Empat teknologi utama EIGRP adalah neighbor discovery/recovery, reliable transport protocol (RTP), DUAL finite-state  machine, and protocol-dependent modules.
Reliable Transport Protocol  adalah bertanggung jawab untuk pengiriman tergaransi dan terurut dari paket-paket EIGRP ke semua tetangga-tetangganya.




Kalimat perandaian (if... then...) 
Jika tidak ada rute yang tepat, maka EIGRP menanyakan tetangganya untuk menemukan rute alternatif. Queri ini disampaikan sampai sebuah rute alternatif sudah ditemukan.

No comments:

Post a Comment