Tuesday 10 December 2013

SEO (Search Engine Optimation)

Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.

Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag ini menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster (pengelola website) melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Pagerank adalah algoritma pengurutan website yang dibuat oleh  Larry Page dan Sergey Bin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford.

Pagerank secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain.

Nilai pagerank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang banyak di-link oleh website yang berkelas lainnya, contoh: Yahoo, Google, dan sebagainya.


No comments:

Post a Comment