Friday 30 January 2015

1. VB.Net program structure
A VB.Net program basically consists of the following parts:
  • Namespace declaration
  • A class or module
  • One or more procedures
  • Variables
  • The Main procedure
  • Statements & Expressions
  • Comments
Imports System
Module Module1
   'This program will display Hello World 
   Sub Main()
      Console.WriteLine("Hello World")
      Console.ReadKey()
   End Sub
End Module

Statement = console.writeline("Hello World")
Expression = 

2. VB.Net basic syntax

Tuesday 27 January 2015

1. The basic C templates
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    

    return 0;
}



Constants, Variables & Constants
Constant: Something that never change.
For example:
x = 'A'

int x;
char c;

x = 2;
c = 'A';

int: bilangan bulat / bilangan tidak berkoma.

Tutorial 4 - Operators
float: bilangan berkoma

Tutorial 5 - More on variables
int m, n, p; = m, n, p these are integer variabel
float realNumber, rationalNumber;

int x = 20; the same time expression

Tutorial 6 - Outputting
%c
%d
%i
%f
%%

%e
%E
%g
%G
%o
%s

How to print x and y

Tutorial 7 - Pointer
Task:
1. Deklarasi sebuah variabel sebagai sebuah variabel pointer.
Contoh:
int *px;

2. Memberikan tugas / meng-assign memory address sebuah variabel, dalam hal ini var_1, tapi sebelumnya deklarasikan dan inisialisasilah sebuah variabel, dalam hal ini var_1.
Contoh: 
int var_1 = 10;
px = &var_1;

3. Mengoutputkan
Contoh:
printf("Alamat memori dari variabel var_1 adalah %p", px);


World of Database

General Info
Data is stored in tables. Example: address book is a table of the address book database. Each address is a data record, presented as a row in that table. The data records (the data row) consist of data fields and the e-mail field.


1. Data sources
2. Forms and reports
3. Queries
4. Tables

Information abou database:
1.

1. Create a new database file
File > New > Database

2. Create new table
1. Select fields
2. Set types and formats
3. Set primary key
4. Create table


In Datasheet view, you can edit fields, add data, delete data, search for data.
Data types: Boolean, Integer, Long, Currency, Single, Double, Date, string

Sunday 25 January 2015

Photoshop how-to

Mengupgrade image

1. Menambahkan sebuah teksture ke sebuah image
> Menambahkan sebuah gambar 3 dimensi tersamar kedalam sebuah image

2. Menambahkan brightness atau contrast sebuah image
> Dapat membuat foto lebih realistik. Pilih Image > Adjustments > Brightness/Contrast

3. Crop foto
> Menggunakan crop tool di toolbox

4. Lighten or darken
Dengan melihat histogram sebuah image kamu bisa melakukan tonal balance pada image itu.
Pilih Image > Adjustments > Levels

5. Lighten or darken image menggunakan dodge dan burn tool

6. Membuat bingkai foto
Pilih Image > Canvas size

7. Remove a color cast
Pilih Image > Adjustment > Auto Color. Photoshop akan secara otomatis meng-adjust contrast dan warna dari image secara otomatis.

8. Remove suatu object dari foto
Select daerah yang mau di remove. Pilih Edit in Quick Mask Mode (Q)

9. Membuat penajaman (sharpen) foto
Pilih: Filter > Sharpen > Unsharp Mask
Tiga parameter yang digunakan: Amount, Radius, Threshold slider.

10.

Menggambar
1. Membuat gambar lingkaran  persegi
Pilih Edit > Stroke
Tuliskan value: Width, Pilih Color kamu suka, Tentukan Location: Inside, Center, atau Outside.

2. Membuat custom brush
Select area yang ingin digunakan sebagai brush, pilih Edit > Define Brush Preset.

3. Menggambar shape donat dan shape wheel
Tools:
1. Ellipse Tool (U)
2. Subtract from Shape Area buttonu
3. Draw dua donuts

4. Draw a path
Tools: Pen tool

5. Set options for the shape tools
Options are: Shape Layer, Paths, Fill Pixels

Work with layers and selections

1. Align (mensejajarkan) objek-objek pada layer-layer yang berbeda

Saturday 24 January 2015

1. Hello World
2. Variabel and types
3. Arrays
4. Strings
5. For Loops
6. While Loops
7. Functions
8. Pointers
9. Structures
10. Function arguments by reference
11. Dynamic allocation
12. Recursion
13. Linked Lists
14. Binary trees
15. Unions
16. Pointer Arithmetics
17. Function Pointers

How to create a bootable SO

USB
CD/DVD
Network

Thursday 22 January 2015

Sistem Warna
1. RGB
2. CMYK

Parameter warna
1. Hue
Hue are all the basic primary and secondary color yang membuat pelangi.

2. Saturation
To desaturate the hue you must add the complementary color.

3. Value

4. Shades
Bayangan

Color table


Graphicswindow.BackgroudColor = "Black"
GraphicsWindow.Width = 200
GraphicsWindow.Height = 160
GraphicsWindow.Pencolor = "Blue"

For i = 1 To 10
GraphicsWindow.PenWidth = i
GraphicsWindow.DrawLine(20, i * 15, 180, i * 15)
endfor

Monday 19 January 2015

Rahasia Pitagoras


Pada segitiga siku-siku terdapat 4 parameter yaitu x, y, r dan alfa.
Jika 3 dari 4 diketahui maka parameter yang lain bisa diketahui.

Rumah Developer Mode

<? Date ?>
Rumah Developer Mode hari ini menemukan warna.

Warna terdiri dari:
1. Red Color  = Merah
2. Pink Color = Merah Muda
3. Orange Color = Jingga
4. Yellow Color = Kuning
5. Purple Color = Ungu
6. Green Color = Hijau
7. Blue Color = Biru
8. Brown Color = Coklat
9. White Color = Putih
10. Gray Color = Abu-abu

Dengan masing-masing mempunyai anak-anak warna (children of color).

Strateginya: membeli baju masing-masing wakili 1 warna dari 10 warna diatas serta membeli celana mewakili 1 warna dari 10 warna itu juga.

Rumah Developer Mode hari ini berhasil menemukan obyek yang akan dijual:
1. Tas.
2. Sepatu.
3. Seprai.
4. Parfum.
5. Bahan Kebaya.
6. Sanggul.
7. Hiasan sanggul.
8. Kemeja dan Kaos lengan panjang dan lengan pendek untuk laki-laki.
9. Kemeja dan Kaos lengan panjang dan lengan pendek untuk wanita.
9. Celana pendek dan panjang.
10. Lapis bedak untuk make-up.

Rumah developer mode juga hari ini berhasil menemukan cara mewarnai pakaian dengan wantek(pewarna tekstil)
Link disini


Rumah developer mode hari ini menemukan ide untuk bekerja sebagai retail dari butik atau rumah mode yang lain.
Partner yang pertama Parnter yang kedua

Rumah developer mode hari ini mengerti bahwa pengelompokkan itu penting agar mudah diproses.

Sunday 18 January 2015

Projek Warna Kulit


Projek 2: Pemecah cerita (space seperated value)

Screenshoot


Full Program (Small Basic):

Controls.ButtonClicked = bc
mlt = Controls.AddMultiLineTextBox(0,0)

button1 = Controls.AddButton("Proses", 200, 0)

i = 0



Sub bc
  if Controls.LastClickedButton = button1 Then
    takemlttext = Controls.GetTextBoxText(mlt)
    index = Text.GetIndexOf(takemlttext, " ")
    While index <> 0
      word[i] = Text.GetSubText(takemlttext, 1, index - 1)
      takemlttext = Text.GetSubTextToEnd(takemlttext, index + 1)
      index = Text.GetIndexOf(takemlttext, " ")
      TextWindow.WriteLine(word[i])
      i = i + 1
      EndWhile
    EndIf
EndSub
  

Tuesday 13 January 2015

<h2> Hari ini rumah develepor mode berhasil mengerti persoalan permutasi dengan bantuan mainan kereta api anak-anak Ben10! </h2>
<p> Hari ini rumah developer mode berhasil mengerti masalah permutasi dengan menggunakan mainan kereta api anak-anak Ben10. </p>
<p> Mainan terdiri dari 9 buah rel kereta api dan 3 gerbong kereta. Tapi yang akan kita perhatikan adalah 9 rel kereta api. Contoh pertanyaan adalah ada berapa banyak lintasan yang dapat dibuat? Kita akan menggunakan permutasi untuk menjawab.</p>
<p> Kata kunci permutasi adalah urutan kerja mencampur atau menggabung obyek yang kita perhatikan. Obyek yang kita perhatikan adalah 9 buah rel kereta api. <br/>
Contoh: <br />
Salah satu subset dari permutasi 9P3 adalah
{Rel 1, Rel 2, Rel 3} = Rel 1 + Rel 2 + Rel 3 = "Rel 1 disambung dengan Rel 2, Rel 2 disambung dengan rel 3". <p>

<p> Kenapa topik ini ada di dalam page Rumah Developer Mode? Karena persoalan permutasi juga ada di dalam dunia fashion. <p>
<br />

Web development

Mindset:
1. Jangan ambisius
2. Jangan rendah
3. Jangan complex
4. Be simple
5. Paparkan informasi yang menyenangkan
6. Paparkan informasi yang menambah pengetahuan
7.

Algoritma:
1. Tentukan berapa banyak page
Contoh: page home, page tentang kami, page koleksi foto, page kontak, page testimoni

2. Tentukan berapa banyak layout tiap page
Contoh:
page home 2 layout
page tentang kami: 3 layout

3. Tiap page buat div sebanyak layout dan beri nama div nya.
Contoh:
page home ada 2 layout berarti ada 2 div
page tentang kami ada 3 layout > 3 div


Saturday 3 January 2015

Pengukuran-pengukuran fisika di rumah

1. Pengukuran kecepatan air yang keluar dari suatu kran di rumah


2. Pengukuran gaya gravitasi di rumah


3. Pengukuran suhu (Panas atau dingin)


3. Pengukuran tingkat/level/intensitas cahaya

4. 

Pengenalan Pin pada Arduino Uno

Arduino uno adalah mesin digital.

Arduino uno mempunyai jumlah pin 20 buah total yang dapat dideklarasikan sebagai peng-input atau sebagai peng-output (mode pin-pin Arduino uno ini bisa dideklarasikan sebagai mode input atau mode output)

Mode input untuk memeriksa level tegangan, sementara mode output sebagai pengeluar tegangan ke rangkaian elektronik lainnya diluar papan Arduino itu, misalnya: rangkaian pada breadboard.

Pada default-nya mode dari pin-pin ini adalah mode output. Jadi untuk mengkonfigurasi pin untuk menjadi mode output tidak perlu.

Pin yang support sebagai peng-output tegangan analog adalah: pin nomor 3, 5, 6, 9, 10 dan 11. Pin-pin ini adalah pin digital, jadi untuk bisa menjadi analog, lebar pulsa digital dipersempit dan nilai amplitudo voltasenya di-sinus-kan atau dinaik turunkan.

Mode input digunakan yang paling sederhananya adalah mendeteksi apakah rangkaian terputus atau terbuka.








Friday 2 January 2015

Listen, watch and feel.

0. Bengkel resistor
Circuit:
1. Circuit dengan voltase digital
+5v --- Resistor --- Amperemeter --- GND

I hasil pengukuran = 4.7 mA


2. Circuit dengan voltase analog
+5v --- Resistor --- Amperemeter --- GND

I hasil pengukuran =

3. Circuit dengan 2 sumber voltase


Komponen: resistor 1KOhm

1. Bengkel photoresistor
Circuit:
+5v ___ photoresistor ___ GND
         |__Voltmeter__|

Hasil pengukuran: semakin gelap, nilai voltmeter / nilai voltase semakin besar.
Contoh:
5.00 V pada saat photoresistor dibuka.
5.03 V pada saat photoresistor ditutup kain berwarna hitam gelap.

Komponen: photoresistor


2. Bengkel Infrared communication
Circuit:
+5v ---- resistor ---- infrared led --- GND


3. Bengkel nada (suara)
Circuit:

+5v --- piezospeaker --- GND

Komponen:
Piezospeaker

4. Bengkel temperature (suhu)
Circuit:


5. Bengkel shift register


6. Bengkel Capacitor

Circuit:
+5v --- Capacitor --- Resistor --- GND





Pengenalan Wave dan Wave generator

Sinyal hanyalah/adalah sebuah fungsi, sebuah fungsi yang memetakan amplitudo ke waktu.

Pada waktu 0 dari waktu pemancaran kita mau amplitudonya 0, pada waktu 0.5 detik kita mau amplitudonya 1, pada waktu 1 detik kita mau amplitudonya turun lagi ke 0. Sinyal apakah ini?


Dan, antena adalah sepotong kawat yang menginduksi sinyal tersebut ke tempat lain supaya bisa dirasakan pengaruhnya dari tempat lain yang berbeda beberapa meter dari tempat pemancaran.

Kita tahu dari matematika, setiap sinyal (f(x) atau f(t)) bisa dicari integralnya, turunannya dan limitnya.

Sinyal analog adalah fungsi amplitudo terhadap waktu dan sinyal dijital juga.


Digital wave hanya mempunyai dua state 0 (0 Volt) dan 1 (5 Volt) terhadap waktu. Sementara, analog wave mempunyai state lebih dari 2 jenis Voltase.

Jadi yang kita bahas disini adalah sinyal analog, sinyal yang amplitudonya bervariasi terhadap waktu. Sinyal digital juga memang amplitudonya bervariasi juga terhadap waktu tapi variasinya tidak serame sinyal analog.

Sinyal digital (0 Volt & 5 Volt) cocok untuk memati-hidupkan lampu LED. Sinyal digital adalah square wave.

Jika sinyal digital dimati-hidupkan (on and off atau up and down) sebanyak 261Hz akan menghasilkan nada atau note C.


Setiap sinyal (wave) mempunyai properti:
1. Periode / lebar pulsa diukur dengan berapa lama (sekon).
2. Frequency diukur dengan Hz.
3. Amplitudo diukur dengan Volt.

Jadi yang pertama dilakukan untuk menghasilkan/membuat gelombang adalah:
1. Menentukan lebar 1 pulsa


Contoh gelombang:
1. Sinus
2. Triangle (Segitiga)
3. Seesaw (Sinyal gergaji)
4. Square wave

Gambar dari kiri ke kanan:


Penjelasan masing-masing fungsi:
1. Fungsi segitiga (Triangle)
Contoh salah satu dari fungsi segitiga:
f(x) = x + 3 for x ≤ 2
f(x) = -x + 7 for x > 2

Thursday 1 January 2015

Proportional

If two amounts are proportional, they change at the same rateso that the relationship between them does not change:

Example:
Weight is proportional to size.