Monday, 12 May 2014

Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C

Daftar isi dari buku Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C oleh Jogiyanto Hartono, MBA,Ph.D
ISBN: 979-731-103-1
Penerbit ANDI

BAB1
Konsep Dasar C
1.1 Sejarah dan standar C
1.2 Alasa menggunakan bahasa C
1.3 Struktur Program C
1.4 Program C yang sederhana
1/5 File Judul
1.6 Gaya Penulisan Program C
1.7 Memecah Baris Statemen
1.8 Kata-kata kunci
1.9 Nama Pengenal
1.10 Deklarasi Variabel
1.11 Sekilas tentang konstanta, operator dan ungkapan
1.12 Statemen
1.12.1 Statemen Kosong
1.12.2 Statemen Ungkapan
1.12.3 Statemen Kendali
1.12.4 Statemen Jamak
1.13 PREPROCESSOR DIRECTIVE #define


BAB 2 KONSEP TIPE DATA
2.1 TIPE DATA
2.2 KONSTANTA
2.2.1 Konstanta Numerik Integer
2.2.2 Konstanta Numerik PEcahan
2.2.3 Konstanta Karakter dan Konstanta String
2.2.4 Konstatnta Karakter Escape

2.3 VARIABEL
2.3.1 Mendeklarasikan Variabel
2.3.2 Deklarasi dengan memberi nilai awal variabel
2.4 PEMBAHASAN TIPE-TIPE DATA
2.4.1 Tipe Data Numerik Integer
2.4.2 Tipe Data Karakter
2.4.3 Tipe Data String

BAB 3 OPERATOR
3.1 MACAM-MACAM OPERATOR YANG TERSEDIA
3.2 OPERATOR ARITMATIKA
3.3 OPERATOR UNARY
3.3.1 Operator Unary Munus
3.3.2 Operator Unary ++ dan --
3.3.3 Operator Unary (tipe)
3.3.4 Operator Unary sizeof
3.4 OPERATOR PENGERJAAN
3.5 OPERATOR HUBUNGAN
3.6 OPERATOR LOGIKA
3.7 OPERATOR KOMA
3.8 OPERATOR BITWISE
3.8.1 Operator bitwise Komplemen Satu
3.8.2 Operator Bitwise Logika
3.8.3 Operator Pergeseran Bit
3.8.4 Operator Bitwise Pengerjaan

BAB 4 MENAMPILKAN HASIL
4.1 FUNGSI-FUNGSI YANG DIGUNAKAN
4.2 ALAT-ALAT OUTPUT
4.3 MENAMPILKAN HASIL TIDAK TERFORMAT
4.4 MENAMPILKAN HASIL TERFORMAT
4.4.1 Menampilkan nilai karakter
4.4.2 Menampilkan nilai string
4.4.3 Menampilkan Nilai Desicmal Integer
4.4.4 Menampilkan Nilai Desimal Pecahan
4.4.5 Menampilkan Nilai Heksadesimal
4.4.6 Menampilkan Nilai Oktal
4.4.7 Menampilkan Nilai Pointer
4.5 MENAMPILKAH HASIL DI PRINTER
4.6 MEMBERSIHKAN LAYAR
4.7 MELETAKKAN KURSOR DI POSISI LAYAR TERTENTU

BAB 5 MEMASUKKAN DATA
5.1 FUNGSI-FUNGSI YANG DIGUNAKAN
5.2 MEMASUKKAN DATA TIDAK TERFORMAT
5.2.1 Memasukkan Nilai Karakter
5.2.2 Memasukkan Nilai String
5.3 MEMASUKKAN DATA TERFORMAT
5.3.1 Memasukkan nilai karakter
5.3.2 Memasukkan Nilai String
5.3.4 Memasukkan Nilai Numerik
5.4 MENGHAPUS ISI PENYANGGA KEYBOARD
5.5 MENGENDALIKAN PROSES PROGRAM

BAB 6 MENGENDALIKAN PROSES PROGRAM
6.1 ARTI MENGENDALIKAN PROSES PROGRAM
6.2 PENYELEKSI KONDISI
6.2.1 Statemen If
6.2.1.1. Bentuk if Tunggal sederhana
6.2.1.2 Bentuk if Tunggal Blok Statemen
6.2.1.3 Bentuk if-else
6.2.1.4 Bentuk if-else-if ... else
6.2.1.5 Bentuk if Bersarang
6.2.1.6 Bentuk if Dengan Kondisi BerupaSuatu Variabel
6.2.1.7 Bentuk if Kondisi Jamak
6.2.1.8 Operator
6.2.2 Statemen Switch
6.2.2.1 Statemen switch Tunggal
6.2.2.2 Statemen switch Bersarang
6.3 PERULANGAN
6.3.1 Statemen for
6.3.2 Statemen while
6.3.3 Perulangan do-while
6.3.4 Statemen Continue
6.4 LOMPATAN

BAB 7 OPERASI KARAKTER DAN STRING
7.1 OPERASI KARAKTER
7.1.1 Menyeleksi Status Nilai Karakter
7.1.2 Mengonversikan Nilai Karakter
7.2 OPERASI STRING
7.2.1 Panjang Nilai String
7.2.2 Menyalin Nilai String
7.2.3 Menggabung Nilai String
7.2.4 Membandingkan Dua Nilai String
7.2.5 Membandingkan Dua Nilai String
7.2.6 Mencari Nilai Karakter di String
7.2.7 Membuang Spasi di String
7.2.7 Mengambil Bagian String

BAB 8 OPERASI NUMERIK DAN MATEMATIKA
8.1 FILE JUDUL
8.2 KONSTANTA TERDEFINISI
8.3 FUNGSI-FUNGSI STANDAR
8.3.1 Fungsi-fungsi untuk memutlakkan Nilai
8.3.2 Fungsi-fungsi Untuk Pembulatan Nilai
8.3.3 Fungs-fungsi Untuk pengakaran dan Pemangkatan
8.3.4 Fungsi-fungsi untuk Eksponensial
8.3.5 Fungsi Untuk Menghitung sisa Pembagian Bulat
8.3.6 Fungsi-fungsi Logaritma
8.3.7 Fungsi-fingsi Trigonometri
8.3.8 Fungsi-fungsi Hiperbolis
8.3.9 Fungsi-fungsi Penghasil Bilangan Acak
8.3.10 Fungsi Untuk Konversi Karakter ke Numerik


BAB 9 LARIK
9.1 PENGERTIAN LARIK
9.2 DEKLARASI LARIK
9.3 BEDA LARIK DENGAN VARIABEL BIASA
9.4 INISIALISASI LARIK TIDAK BERUKURAN
9.5 LARIK DIMENSI DUA
9.6 LARIK STRING
9.7 INISIALISASI LARIK STRING TAK BERUKURAN

BAB 10 POINTER
10.1 POINTER DASAR
10.2 OPERATOR POINTER
10.3 DEKLARASI POINTER
10.4 OPERASI POINTER
 10.4.1 Operasi Pengerjaan
10.4.2 Operasi Aritmatika
10.4.3 Operasi Logika
10.5 OPERASI POINTER UNTUK LARIK
10.5.1 Mengakses Elemen Larik Menggunakan Pointer
10.5.2 Memberi Nilai Elemen Larik Menggunakan Pointer
10.5.3 Indeks atau Pointer
10.6 POINTER SEBAGAI SUATU LARIK
10.6.1 Pointer Sebagai suatu Larik dimensi satu
10.6.2 Pointer Sebagai larik Dimensi Dua
10.6.3 Pointer Sebagai lari Dimensi Tiga
10.7 LARIK POINTER
10.8 ANALISI PERBEDAAN MEMORI
10.9 POINTER KE POINTER

BAB 11 FUNGSI
11.1 KONSEP DASAR FUNGSI
11.2 MENDEFENISIKAN FUNGSI
11.3 DEKLARASI FUNGSI
11.4 PROTOTYPE FUNGSI
11.4 HASIL BALIK FUNGSI
11.6 RUAN-LINGKUP VARIABEL
11.6.1 Variabel Loka
11.6.2 Variabel Global
11.6.3 Variabel Statik
11.7 PENGIRIMAN PARAMETER
11.7.1 Pengiriman Parameter Secara Nilai
11.7.2 Pengiriman Parameter Secara Acuan
11.8 PENGIRIMAN PARAMETER BERUPA LARIK
11.8.1 Pengiriman Parameter Berupa Larik Dimensi Satu
11.8.2 Pengiriman Parameter Berupa Larik Dimensi Dua
11.9 PENGIRIMAN PARAMETER BERUPA POINTER
11.10 PENGIRIMAN PARAMETER BERUPA FUNGSI
11.11 REKURSI

BAB 12 TIPE DATA TINGKAT LANJUT
12.1 PENDAHULUAN
12.2 ENUMERASI
12.3 STRUKTUR
12.3.1 Mendeklarasikan Suatu Struktur
12.3.2 Mengakses elemen-elemen struktur
12.3.2 Struktur berisi struktur yang lain
12.3.3 Larik Struktur
12.4 MEDAN DIGIT BINARI
12.5 UNION
12.6 KATA KUNCI typedef
12.7 POINTER UNTUK STRUKTUR
12.8 PENGIRIMAN STRUKTUR KE FUNGSI
12.8.1 Pengiriman Parameter Berupa Elemen Struktur
12.8.2 Pengiriman Parameter Berupa Seluruh Struktur
12.8.3 Pengiriman Struktur Dengan Hasil Balik Struktur
12.8.4 Pengiriman Struktur Dengan Hasil Balik Pointer
12.9 DAFTAR BERKAIT
12.9.1 Daftar Berkait Metode MTKP
12.9.1.1 Membuat Daftar Berkait Baru
12.9.1.2 Menambah Simpul di Daftar Berkait
12.9.1.3 Menampilkan Simpul Tertentu
12.9.1.4 Menampilkan Semua Simpul
12.9.1.5 Menghapus Simpul Tertentu
12.9.1.6 Mencari Simpul Tertentu
12.9.2 Daftar Berkait Metode MPKP

BAB 13 FILE DATA
13.1 PENDAHULUAN
13.2 FILE BERPENYANGGA
13.2.1 Membuka File
13.2.2 Menutup File
13.2.3 Meletakkan Data ke Penyangga
13.2.3.1 Meletakkan Sebuah Karakter ke Penyangga
13.2.3.2 Meletakkan Sebuah Integer ke Penyangga
13.2.3.3 Meletakkan Sebuah String ke Penyangga
13.2.3.4 Meletakkan Data Terformat ke Penyangga
13.2.3.5 Meletakkan Blok Data ke Penyangga
13.2.4 Mengarahkan Posisi Pembacaan atau Perekaman
13.2.4.1 Mengarahkan Posisi Pembacaan atau Perekaman di Awal File
13.2.4.2 Mengarahkan Posisi Pembacaan atau perekaman di tengah file
13.2.4.3 Mengarahkan Posisi Perekaman di Akhir File
13.2.5 Mendapatkan Posisi Pembacaan dan Perekaman
13.2.6 Alternatif Pendeteksian Kesalahan
13.2.7 Alternatif Pembukaan File
13.2.8 Membuka Dua Buah File Sekaligus
13.2.9 Contoh Aplikasi
13.3 FILE TIDAK BERPENYANGGA
13.3.1 Membuka File
133.2 Membuat File Baru
13.3.3 Menutup File
13.3.4 Merekamkan Data ke File
13.3.5 Membaca data dari File
13.3.6 Mengarhkan Posisi Pembacaan atau Perekaman
13.5 HUBUNGAN ANTARA FILE BERPENYANGGA DENGAN TIDAK BERPENYANGGA
13.5 MEMANIPULASI FILE
13.5.1 Mengecek Keberadaan Fle
13.5.2 Mengganti Nama File
13.5.3 Menghapus File Dari Disk
13.5.4 Mendapatkan Nomor Pengenal File
13.5.5 Mendapatkan Ukuran dari File

BAB 14 HUBUNGAN ANTAR BAGIAN PROGRAM
14.1 PENDAHULUAN
14.2 HUBUNGAN DENGAN FUNGSI DI FILE PROGRAM YANG LAIN
14.3 HUBUNGAN DENGAN FILE PUSTAKA
14.4 PARAMETER BARIS PERINTAH
14.5 HUBUNGAN DENGAN PROGRAM YANG LAIN
14.5.1 Prose Anak Dengan Kelompok Fungsi Exec
14.5.2 Proses Anak Dengan Kelompok Fungsi Spawn
14.6 HUBUNGAN DENGAN PERINTAH DOS

LAMPIRAN 1. KODE ASCII
LAMPIRAN 2. FUNGSI-FUNGSI PUSTAKA
LAMPIRAN 3. MAKRO-MAKRO PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment