Wednesday 30 April 2014

Frame Relay

Frame relay menyediakan bandwidth, reliability dan resiliency yang lebih besar dari private atau leased lines.
Frame relay telah menekan biaya-biaya jaringan dengan menggunakan peralatan yang lebih sedikit, lebih sederhana, dan menyediakan pelaksanaan yang lebih mudah. Karena alasan ini Frame Relay telah menjadi teknologi WAN yang paling banyak digunakan di dunia.

Sebuah koneksi Frame Relay antara sebuah perangkat DTE pada tepi LAN dan sebuah perangkat DCE pada tepi carrier mempunyai komponen layer link dan komponen layer fisik. Frame Relay mengambil paket-paket data dan mengenkapsulasi mereka di dalam sebuah frame Frame Relay, dan kemudian meneruskannya ke layer fisik untuk pengiriman pada kabel. Sambungan diseluruh jaringan carrier adalah sebuah VC yang diidentifikasi dengan sebuah DLCI. Multiple VC dapat dimultipleks menggunakan sebuah FRAD. Jaringan-jaringan Frame Relay biasanya menggunakan sebuah topologi partial mesh yang dioptimalkan untuk kebutuhan aliran data berdasarkan pelanggan carrier.

Frame Relay menggunakan inverse ARP untuk memetakan DLCI ke alamat IP dari lokasi-lokasi yang remote. Pemetaan alamat dinamis bergantung pada inverse ARP untuk menterjemahkan alamat next hop ke nilai DLCI lokal. Ruter Frame Relay mengeluarkan permintaan - permintaan Inverse ARP pada PVC nya untuk menemukan alamat protokol perangkat jauh yang terhubung dengan jaringan Frame Relay. Ruter-ruter DTE Frame Relay menggunakan LMI untuk menyediakan informasi status tentang koneksinya dengan switch Frame Relay DCE. LMI extensi menyediakan informasi antarjaringan tambahan.

Dua tugas pertama dalam mengkonfigurasi Frame Relay pada sebuah ruter Cisco adalah meng-enable enkapsulasi Frame Relay pada interface dan kemudia mengkonfigurasi statik mapping atau dynamic mapping. Setelah ini, ada banyak tugas-tugas tambahan yang dapat diselesaikan seperti yang dibutuhkan termasuk mengkonfigurasi LMI, mengkonfigurasi VC-VC, mengkonfigurasi traffic shapping dan menyesuaikan Frame Relay pada jaringan anda. Monitoring dan merawat koneksi Frame Relay adalah tugas terakhir.

Konfigurasi Frame Relay harus memperhitungkan masalah split horizon yang muncul ketika banyak VC berkumpul pada satu interface fisikal. Frame Relay dapat partisi interface fisik menjadi multiple virtual interface yang disebut subinterfaces. Konfigurasi subinterface juga telah dijelaskan dan dipraktekkan.

Konfigurasi Frame Relay dipengaruhi oleh cara bagaimana penyedia layanan mengenakan tagihan untuk hubungan menggunakan unit-unit dari access rates dan committed information rates (CIR). Keuntungan dari pola penagihan ini adalah bahwa kapasitas jaringan yang tidak digunakan tersedia dan digunakan secara bersama dengan semua pelanggan, biasanya tanpa adanya tagihan tambahan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyerbu trafik untuk periode yang pendek.

Mengkonfigurasi flow control di dalam jaringan Frame Relay juga dipengaruhi oleh pola penagihan service provider. Kamu dapat mengkonfigurasi queuing dan shape traffic tergantung dari CIR. DTE-DTE dapat dikonfigurasi untuk mengendalikan kemacetan di jaringan dengan menambahkan bit-bit BECN dan FECN ke alamat frame. DTE juga dapat dikonfigurasi untuk menyetel bit eligible discard (boleh dibuang) yang mengisyaratkan bahwa frame itu boleh dibuang dalam preferensi ke frame lain jika kemacetan terjadi. Frame-frame yang telah dikirim melebihi CIR ditandai dengan "discard eligible" (DE) yang artinya mereka dapat dibuang bila kemacetan terjadi didalam jaringan frame relay.

 

No comments:

Post a Comment