Friday 11 April 2014

ACL-2

Kendali ACL dapat sesederhana permitting alamat network atau alamat jaringan, atau kontrol berdasarkan port TCP yang digunakan.

Untuk mengerti bagaimana ACL bekerja dengan TCP, mari kita melihat pada pembicaraan (dialogue) yang muncul sepanjang konversasi TCP ketika kamu mendownload sebuah halaman web ke komputermu.

Ketika kamu mengirimkan permintaan data dari sebuah server web, IP mengatur komunikasi antara PC dan si server. TCP mengatur komunikasi antara software web browser mu dan software server network.

Ketika kamu mengirim e-mail, membaca sebuah halaman web, atau mengunduh file, TCP bertanggung jawab untuk memecah data menjadi paket-paket untuk IP sebelum paket itu dikirimkan, dan untuk menyatukan (assembling) data dari paket-paket terpisah ketika paket itu datang.

Ingat lagi bahwa TCP menyediakan sebuah layanan connection-oriented, reliable, byte stream. Istilah connection-oriented berarti bahwa 2 aplikasi menggunakan TCP harus mendirikan sebuah koneksi TCP satu dengan yang lain sebelum mereka dapat melakukan tukar menukar data.

TCP adalah protokol full-duplex, yang artinya setiap koneksi TCP mendukung sepasang stream byte, satu stream mengalir ke satu arah. TCP mencakup sebuah mekanisme pengatur aliran (flow-control) untuk setiap stream byte yang memungkinkan si penerima membatasi berapa banyak data si pengirim dapat kirimkan. TCP juga mengimplementasikan sebuah mekanisme kontrol kongesti.


Packet filtering (Penyaringan paket)

Paket filtering kadang disebut paket filtering statik, mengatur akses ke sebuah jaringan dengan cara menganalisa berdasarkan kriteria untuk paket yang masuk dan paket yang keluar dan menghentikan atau melewatkan mereka.

Sebuah ruter bertindak sebagai sebuah penyaring (filter) paket ketika ruter itu meneruskan atau menghentikan paket-paket berdasarkan aturan penyaringan (filtering rules).

Ketika sebuah ruter tiba pada ruter penyaring-paket, ruter itu mengambil informasi tertentu dari header paket (kemana alamat tujuan, dari siapa, ke port tujuan berapa) dan membuat keputusan tergantung dari rule-rule filter dengan maksud apakah paket bisa lewat atau dibuang (discarded).

Penyaringan paket bekerja pada layer network dari model OSI.

Sebagai sebuah perangkat layer 3, ruter penyaring paket menggunakan rules untuk menentukan apakah memperbolehkan atau menolak paket berdasarkan pada alamat IP sumber dan tujuan, port sumber dan port tujuan, dan protokol paket. Aturan-aturan ini didefenisikan dengan menggunakan access control list atau ACL.

Ingat kembali bahwa ACL adalah list berurut dari pernyataan permit dan deny yang beraplikasi ke alamat IP dan protokol-protokol layer atas. ACL dapat mengambil informasi berikut dari header sebuah paket, mengujinya berdasarkan aturan yang telah di tetapkan dan membuat keputusan "allow", "deny" berdasarkan:
- Alamat IP source
- Alamat Tujuan IP
- Tipe pesan ICMP

ACL juga dapat mengambil informasi layer atas dan mengujinya terhadap aturannya. Informasi layer atas termasuk:
- Port sumber TCP/UDP
- Port tujuan TCP/UDP


No comments:

Post a Comment