Thursday 16 April 2015

User di Linux System




1. Normal user
Normal user adalah user yang hak nya dibatasi/terbatas.
Account normal user contohnya: pi.
Normal user bisa melakukan apa saja dengan mengetik sudo.
Normal user yang bisa melakukan sudo disebut sudoer. Tidak semua normal user bisa melakukan sudo,  daftar normal user yang bisa menggunakan sudo ada di visudo file.
Normal user bisa meningkat sebagai superuser dengan mengetikkan su.

2. Superuser
Superuser adalah user yang haknya tidak terbatas; superuser bisa melakukan/mengkonfig apa saja.
Account Superuser contohnya adalah: root.
Superuser bisa melakukan apasaja.


Task dalam hal user:
1. Meng-create user baru
sudo adduser nix


2. Menghapus user
sudo delete 

Thursday 9 April 2015

SMALL BASIC menggunakan ASCII

Small basic ternyata menggunakan ASCII

ASCII adalah sebuah tabel pemetaan antara karakter dan kode yang ditetapkan. Contoh: untuk mencetak karakter (") dibutuhkan kode ascii 34.

Tuesday 7 April 2015

Please introduce the
1. Floatee element
2. The floating element

Floatee element will float/wrap around the floating element.

If there is enough space, the floatee element will wrap/encapsulate the the floating element.
If there is not enough space, the floatee element will not wrap the floating element, but go to new line.

Floating is used to build
1. Picture wrapping style
2. 3 rows page


 

Monday 6 April 2015

1. Mengubah warna latar belakang dari halaman menjadi kuning / "yellow"
2. Mengubah semua font di halaman menjadi: "courier"
3. Mengubah warna semua paragraf (p); tidak termasuk heading,
4. Menambah border warna ke semua paragraf
<p style="border:1px red">
5. Menambah id dengan nilai "special" kepada paragraf terakhir.
 <p id="special">
6. Menambah class dengan nilai "intro" kesemua paragraf.
<p intro="class">This is a paragraph</p>
<p intro="class>This is also paragraph</p>


Wednesday 1 April 2015

Probabilitas

1. Tentukan / defenisikan ruang sample
2. Tentukan jenis kejadian event yang ingin kamu lacak/telusuri/trace. Pilihan dibuat dari ruang sampel yang telah kamu sebutkan/defenisikan sebelumnya pada nomor 1.
3. Tentukan jumlah percobaan: 2 kali, 4 kali, 5 kali, dsb..
4. Hitung peluang dari munculnya jenis kejadian yang disebutkan pada nomor 2,

Contoh:
Ruang sample mata dadu = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
Jenis kejadian event yang:
1. Kejadian muncul angka 1
2. Kejadian muncul angka 2
3. Kejadian muncul angka 3, ... dan seterusnya, hingga kejadian muncul angka 6.


 

Sunday 29 March 2015

1. Display string "Aloha" and wait for user input and quit the program.

C:\Users\WIN7>debug
-a 100
1393:0100 db 'Aloha$'
1393:0106 mov ah, 09
1393:0108 mov dx, 100
1393:010B int 21
1393:010D mov ah, 01
1393:010F int 21
1393:0111 int 20
1393:0113
-rcx
CX 0000
:13
-n nanonano.com
-w
Writing 00013 bytes
-q

C:\Users\WIN7>nanonano.com
Aloha



01 --> Cares the key that pressed

08 --> Do not care about the key that pressed before quit.


2. Display two string "Aloha" and "Its good" without creating newline





3. Wait for user input ('Key' not 'String') dan melakukan condition jump
debug
-a 
138A:0100 jmp 135
db 'Are you cool ? [y/n] : $'
-a 135
jmp 150
138B:0137 db 'Lol u are a loosa!$'
138B:014A
-a 150
138B:0150 jmp 170
138B:0152 db 'yay, me too!$'
138B:015F
-a 170
138B:0170 jmp 210
138B:0173 db 0d, 0a, 'Press any key to continue. . . $'
138B:0195
-a 210
138B:0210 mov ah, 09
138B:0212 mov dx, 102
138B:0215 int 21
138B:0217 mov ah, 01
138B:0219 int 21
138B:021B cmp al, 79
138B:021D je 230
138B:021F jne 260
138B:0221
-a 230
138B:0230 mov ah, 09
138B:0232 mov dx, 152
138B:0235 int 21
138B:0237 mov ah, 09
138B:0239 mov dx, 173
138B:023C int 21
138B:023E int 20
138B:0240
-a 260
138B:0260 mov ah, 09
138B:0262 mov dx, 137
138B:0265 int 21
138B:0267 mov ah, 09
138B:0269 mov dx, 173
138B:026C int 21
138B:026E mov ah, 08
138B:0270 int 21
138B:0272 int 20
138B:0274
-rcx
CX 0000
:174
-n j3.com
-w
Writing 00174 bytes
-q