#!usr/bin/python --> to show where the python interpreter resides.
Friday 6 March 2015
Rasp PI very basic and usefull commands
1. You want to view a file?
1. You want to back up a file?
backup file is basically copy-ing a file.
Tuesday 3 March 2015
Raspberry GPIO
Untuk menghubungkan projek Raspberry Pi kamu dengan dunia luar, kamu perlu belajar:
1. Pengenalan Python
2. GPIO
3. Cara mengimport
4. Komponen elektronika yang akan kamu pasang, contoh: LED, 7 segment display, Sensors: Windspeed sensor, heat sensor (built-in), etc.
Pin GPIO:
3
5
7
8
10
11
12
13
15
16
17
18
19
21
22
23
24
26
Pin Ground
6
9
14
20
25
Pin 5 Volt
2
4
Pin 3.3 Volt
1
17
Pin GPIO bisa berfungsi sebagai
1. Input
Tidak bisa sekedar menghubungkan pin 3 ---> switch ---> ground. Karena akan float.
2. Output
Pin 3 --> LED ---> Resistor ---> Ground / pin 6
Steps:
In python script
1. Import GPIO module
2. Set the board mode to that of your preference
3. Set up the pins you want to use, and
4. Turn them on
Contoh:
1. Pengenalan Python
2. GPIO
3. Cara mengimport
4. Komponen elektronika yang akan kamu pasang, contoh: LED, 7 segment display, Sensors: Windspeed sensor, heat sensor (built-in), etc.
Pin GPIO:
3
5
7
8
10
11
12
13
15
16
17
18
19
21
22
23
24
26
Pin Ground
6
9
14
20
25
Pin 5 Volt
2
4
Pin 3.3 Volt
1
17
Pin GPIO bisa berfungsi sebagai
1. Input
Tidak bisa sekedar menghubungkan pin 3 ---> switch ---> ground. Karena akan float.
2. Output
Pin 3 --> LED ---> Resistor ---> Ground / pin 6
Steps:
In python script
1. Import GPIO module
2. Set the board mode to that of your preference
3. Set up the pins you want to use, and
4. Turn them on
Contoh:
import RPi.GPIO as GPIO
GPIO.setmode(GPIO.BCM) # set board mode to Broadcom
GPIO.setup(17, GPIO.OUT) # set up pin 17
GPIO.setup(18, GPIO.OUT) # set up pin 18
GPIO.output(17, 1) # turn on pin 17
GPIO.output(18, 1) # turn on pin 18
Monday 2 March 2015
What is pass by value and pass by reference? it is a method to pass a value to a function that is by value or by reference.
Pass by value :
1. copied
2. menghabiskan memori.
Pass by refernce:
1. not copied
2. tidak menghabiskan memori
3. It just referenced by memory address.
Langkah membentuk/menciptakan fungsi:
1. Tentukan nama fungsi.
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi.
4. Tentukan apa yang dikembalikan atau di-return fungsi ini.
Contoh:
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
void display(int, int);
int main()
{
int x, y;
x = 10;
y = 20;
printf("x is %d and y is %d\n",x,y);
display(x,y);
getch();
return 0;
}
void display(int a, int b)
{
printf("a is %d and b is %d\n",a,b);
}
Langkah membentuk/menciptakan fungsi:
1. Tentukan nama fungsi.
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi.
4. Tentukan apa yang dikembalikan atau di-return fungsi ini.
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
int a dan int b.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi:
printf("x is %d and y is %d\n",x,y);
Pass by value :
1. copied
2. menghabiskan memori.
Pass by refernce:
1. not copied
2. tidak menghabiskan memori
3. It just referenced by memory address.
Langkah membentuk/menciptakan fungsi:
1. Tentukan nama fungsi.
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi.
4. Tentukan apa yang dikembalikan atau di-return fungsi ini.
Contoh:
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
void display(int, int);
int main()
{
int x, y;
x = 10;
y = 20;
printf("x is %d and y is %d\n",x,y);
display(x,y);
getch();
return 0;
}
void display(int a, int b)
{
printf("a is %d and b is %d\n",a,b);
}
Langkah membentuk/menciptakan fungsi:
1. Tentukan nama fungsi.
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi.
4. Tentukan apa yang dikembalikan atau di-return fungsi ini.
1. Tentukan nama fungsi:
display
display
2. Tentukan parameter/argumen apa saja yang akan diambil fungsi; di dalam tanda kurung.
int a dan int b.
3. Tentukan proses apa saja yang akan dilakukan fungsi:
printf("x is %d and y is %d\n",x,y);
4. Tentukan apa yang dikembalikan atau di-return fungsi ini:
Tidak ada return.
Tidak ada return.
Studi tentang Pointer di bahasa pemrograman C
Pointer hanya untuk memunculkan alamat memori dari suatu variabel.
1. Asteriks dari suatu alamat memori memunculkan nilai yang terkandung di dalam alamat memori yang diassign itu.
1. Asteriks dari suatu variabel adalah nilai yang terkandung di dalamnya.
The value of x is 10
The address of x is i.e &x is 0028FF0C
The value of x is i.e *(&x) 10
The memory address stored in the pointer j is 0028FF0C
The value pointed by the pointer j is 10
The address of pointer j is 0028FF08
Pointer to pointer
nknk
1. Asteriks dari suatu alamat memori memunculkan nilai yang terkandung di dalam alamat memori yang diassign itu.
1. Asteriks dari suatu variabel adalah nilai yang terkandung di dalamnya.
2. Ampersand dari suatu variabel adalah nilai alamat memori pengandung nilai dari variabel itu.
3.
Langkah-langkah:
1. Deklarasikan x
int x;
2. Beri nilai ke dalam x
x = 10;
3. Deklarasikan pointer j
int *j;
4. Berikan nilai ke dalam p (hanya berikan nilai variabel)
j = &x;
5. Tampilkan nilai j
6. tampilan *j
7. tampilkan alamat memori variabel j
1. Deklarasikan x
int x;
2. Beri nilai ke dalam x
x = 10;
3. Deklarasikan pointer j
int *j;
4. Berikan nilai ke dalam p (hanya berikan nilai variabel)
j = &x;
5. Tampilkan nilai j
6. tampilan *j
7. tampilkan alamat memori variabel j
#include
int main()
{
int x = 10;
int *j;
j = &x;
printf("The value of x is %d\n",x);
printf("The address of x is i.e &x is %p\n",&x);
printf("The value of x is i.e *(&x) %d\n\n",*(&x));
printf("The memory address stored in the pointer j is %p\n",j);
printf("The value pointed by the pointer j is %d\n",*j);
printf("The address of pointer j is %p",&j);
getch();
return 0;
}
D:\God Bless Me Learn C\pointer>pointer2.exeThe value of x is 10
The address of x is i.e &x is 0028FF0C
The value of x is i.e *(&x) 10
The memory address stored in the pointer j is 0028FF0C
The value pointed by the pointer j is 10
The address of pointer j is 0028FF08
Pointer to pointer is a variable that gonna contain the address of another variabel.
nknk
Sunday 1 March 2015
Studi tentang tahun
Kaisar Romawi memerintahkan seorang Astronomer untuk
http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Tahun-Kabisat
http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Tahun-Kabisat
Subscribe to:
Posts (Atom)