Tuesday, 23 September 2014
Monday, 22 September 2014
Pernyataan umum:
Jika ada karakter "." dan karakter "@" maka alamat email yang dimasukkan adalah benar.
Pernyataan umum diambil dari pengamatan akan ciri khas alamat email yang benar, yaitu: "Semua alamat email yang benar mempunyai karakter "@" dan "." di dalamnya. Ini suatu kepastian. Bener kan? Coba teliti sendiri, alamat email yang benar pasti selalu ada "@" dan "." nya.
Selanjutnya, buat pertanyaan berdasarkan parameter-parameter atau variabel - variabel yang bisa kita temukan di pernyataan umum diatas, maka:
1. Apakah terdapat karakter "." di dalam alamat email yang telah dimasukkan?
2. Apakah terdapat karakter "@" di dalam alamat email yang telah dimasukkan?
Buat tabel jawaban yang benar (tabel kebenaran)
Jadi script programnya (dalam small basic):
TextWindow.Write("Enter a valid e-mail address: ")
EmailID = TextWindow.Read()
n = Text.IsSubText(EmailID, ".")
m = Text.IsSubText(EmailID, "@")
If n = "True" And m = "True" Then
TextWindow.WriteLine("You have entered a valid e-mail address.")
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter a valid e-mail address.")
EndIf
Jika ada karakter "." dan karakter "@" maka alamat email yang dimasukkan adalah benar.
Pernyataan umum diambil dari pengamatan akan ciri khas alamat email yang benar, yaitu: "Semua alamat email yang benar mempunyai karakter "@" dan "." di dalamnya. Ini suatu kepastian. Bener kan? Coba teliti sendiri, alamat email yang benar pasti selalu ada "@" dan "." nya.
Selanjutnya, buat pertanyaan berdasarkan parameter-parameter atau variabel - variabel yang bisa kita temukan di pernyataan umum diatas, maka:
1. Apakah terdapat karakter "." di dalam alamat email yang telah dimasukkan?
2. Apakah terdapat karakter "@" di dalam alamat email yang telah dimasukkan?
Buat tabel jawaban yang benar (tabel kebenaran)
Jawaban1 | Jawaban2 | Keputusan |
Salah | Salah | Bukan alamat email yang benar |
Salah | Benar | Bukan alamat email yang benar |
Benar | Salah | Bukan alamat email yang benar |
Benar | Benar | Alamat email yang benar |
Jadi script programnya (dalam small basic):
TextWindow.Write("Enter a valid e-mail address: ")
EmailID = TextWindow.Read()
n = Text.IsSubText(EmailID, ".")
m = Text.IsSubText(EmailID, "@")
If n = "True" And m = "True" Then
TextWindow.WriteLine("You have entered a valid e-mail address.")
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter a valid e-mail address.")
EndIf
Sunday, 21 September 2014
Obyek sound, program dan text
Disini kamu akan mempelajari bagaimana:
1. Menggunakan obyek Program 'tuk mengatur bagaimana program Small Basic kamu berjalan.
2. Memungkinkan pemutaran suara (lagu .mp3, .wav) dengan menggunakan obyek Sound.
3. Menggunakan fungsi-fungsi / operasi-operasi yang berhubungan dengan obyek Text.
OBYEK PROGRAM
LAB 1
Program ini pada dasarnya menuliskan alamat direktori program Small Basic dan menunggukan program (delay) Small Basic selama 5 detik (atau 5000 ms) dan kemudian mengakhiri/menutup program itu setelah 5 detik itu berlalu.
TextWindow.WriteLine("Program directory: " + Program.Directory)
TextWindow.WriteLine("This program will run for 5 seconds")
Program.Delay(5000)
Program.End()
LAB 2
Lab ini pada dasarnya adalah mengalikan argumen 1 dengan argumen 2 jika jumlah argumen yang disuplai ke program ini adalah 2. Jika tidak, program ini tidak jalan atau memberikan tampilan kata: "Please enter two number to be multiplied".
If Program.ArgumentCount = 2 Then
TextWindow.WriteLine("First number = " + Program.getargument(1))
TextWindow.writeline("Second number = " + Program.GetArgument(2))
Multiplication = Program.GetArgument(1) * Program.GetArgument(2)
TextWindow.writeline("The product of two number is: " + multiplication)
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter two number to be multiplied")
EndIf
OBYEK SOUND
Obyek sound punya operasi-operasi antara lain: Play, Pause dan Stop.
LAB 1
GraphicsWindow.Show()
filepath = "c:\windows\media\chime.wav"
Sound.Play(filepath)
Program.Delay(2000)
Sound.pause(filepath)
Sound.play(filepath)
Program.Delay(500)
Sound.stop(filepath)
OBYEK TEXT
Beberapa operasi dari obyek text yang akan dipakai pada lab ini:
1. Append (untuk menambahkan text yang satu ke text yang lain)
2. ConvertToUppercase(untuk mengubah suatu text menjadi huruf besar semua atau uppercase)
LAB 1
Pada dasarnya program ini meminta nama depan(first name) dan nama belakang(last name), kemudian menyatukan firstname dan lastname kedalam satu teks, kemudian huruf-huruf teks gabungan firstname dan lastname itu dikonversi ke huruf besar semua. Terakhir, hasil konversi ke huruf besar teks gabungan firstname ditampilkan dan ditambah kata "Hello". Gampang kan....?
TextWindow.Write("Enter your first name: ")
Firstname = TextWindow.Read()
TextWindow.Write("Enter your lastname: ")
Lastname = TextWindow.Read()
Completename = Text.Append(Firstname, " " + Lastname)
Nameinuppercase = Text.ConvertToUpperCase(Completename)
TextWindow.WriteLine ("Hello " + Nameinuppercase + "!")
LAB 2
Program ini pada dasarnya menguji ke-valid-an suatu alamat electronic mail atau e-mail yang dimasukkan dengan cara menguji apakah karakter '@' dan '.' merupakan bagian dari alamat email yang dimasukkan tersebut. Jika tidak bagian dari alamat email tersebut, program menolaknya dan menampilkan pesan: "Please enter a valid e-mail address". Easy...?
TextWindow.Write("Please enter a valid e-mail address: ")
EmailID = TextWindow.Read()
n = Text.IsSubText(EmailID, ".")
m = Text.IsSubText(EmailID, "@")
If n = "True" And m = "True" Then
TextWindow.WriteLine("You have entered a valid e-mail address.")
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter a valid e-mail address.")
EndIf
Khusus untuk LAB ini saya buatkan pseudo-codenya:
1. Tampilkan kata "Please enter a valid e-mail address: "
2. Simpan alamat email yang diberikan ke dalam variabel EmailID
3. Cari apakah karakter "." ada di dalam teks yang dimasukkan ke dalam variabel EmailID. Dan simpan hasil penelitiannya ke dalam variabel n.
4. Cari apakah karakter "@" ada di dalam teks yang dimasukkan ke dalam variabel EmailID dan simpan hasil penelitiannya (true atau false) ke dalam variabel m.
5. Jika kedua variabel m dan n adalah true, true -- sesuai dengan tabel kebenaran teks yang dimasukkan adalah sebuah Email yang valid. Jadi, program akan mengeluarkan kata: "You have entered a valid e-mail address"
6. Jika kedua variabel m dan n adalah tidak true, -- sesuai dengan tabel kebenaran teks yang dimasukkan adalah bukan sebuah Email yang valid. Maka, program akan mengeluarkan kata: Please enter a valid e-mail address.
1. Menggunakan obyek Program 'tuk mengatur bagaimana program Small Basic kamu berjalan.
2. Memungkinkan pemutaran suara (lagu .mp3, .wav) dengan menggunakan obyek Sound.
3. Menggunakan fungsi-fungsi / operasi-operasi yang berhubungan dengan obyek Text.
OBYEK PROGRAM
LAB 1
Program ini pada dasarnya menuliskan alamat direktori program Small Basic dan menunggukan program (delay) Small Basic selama 5 detik (atau 5000 ms) dan kemudian mengakhiri/menutup program itu setelah 5 detik itu berlalu.
TextWindow.WriteLine("Program directory: " + Program.Directory)
TextWindow.WriteLine("This program will run for 5 seconds")
Program.Delay(5000)
Program.End()
LAB 2
Lab ini pada dasarnya adalah mengalikan argumen 1 dengan argumen 2 jika jumlah argumen yang disuplai ke program ini adalah 2. Jika tidak, program ini tidak jalan atau memberikan tampilan kata: "Please enter two number to be multiplied".
If Program.ArgumentCount = 2 Then
TextWindow.WriteLine("First number = " + Program.getargument(1))
TextWindow.writeline("Second number = " + Program.GetArgument(2))
Multiplication = Program.GetArgument(1) * Program.GetArgument(2)
TextWindow.writeline("The product of two number is: " + multiplication)
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter two number to be multiplied")
EndIf
OBYEK SOUND
Obyek sound punya operasi-operasi antara lain: Play, Pause dan Stop.
LAB 1
GraphicsWindow.Show()
filepath = "c:\windows\media\chime.wav"
Sound.Play(filepath)
Program.Delay(2000)
Sound.pause(filepath)
Sound.play(filepath)
Program.Delay(500)
Sound.stop(filepath)
OBYEK TEXT
Beberapa operasi dari obyek text yang akan dipakai pada lab ini:
1. Append (untuk menambahkan text yang satu ke text yang lain)
2. ConvertToUppercase(untuk mengubah suatu text menjadi huruf besar semua atau uppercase)
LAB 1
Pada dasarnya program ini meminta nama depan(first name) dan nama belakang(last name), kemudian menyatukan firstname dan lastname kedalam satu teks, kemudian huruf-huruf teks gabungan firstname dan lastname itu dikonversi ke huruf besar semua. Terakhir, hasil konversi ke huruf besar teks gabungan firstname ditampilkan dan ditambah kata "Hello". Gampang kan....?
TextWindow.Write("Enter your first name: ")
Firstname = TextWindow.Read()
TextWindow.Write("Enter your lastname: ")
Lastname = TextWindow.Read()
Completename = Text.Append(Firstname, " " + Lastname)
Nameinuppercase = Text.ConvertToUpperCase(Completename)
TextWindow.WriteLine ("Hello " + Nameinuppercase + "!")
LAB 2
Program ini pada dasarnya menguji ke-valid-an suatu alamat electronic mail atau e-mail yang dimasukkan dengan cara menguji apakah karakter '@' dan '.' merupakan bagian dari alamat email yang dimasukkan tersebut. Jika tidak bagian dari alamat email tersebut, program menolaknya dan menampilkan pesan: "Please enter a valid e-mail address". Easy...?
TextWindow.Write("Please enter a valid e-mail address: ")
EmailID = TextWindow.Read()
n = Text.IsSubText(EmailID, ".")
m = Text.IsSubText(EmailID, "@")
If n = "True" And m = "True" Then
TextWindow.WriteLine("You have entered a valid e-mail address.")
Else
TextWindow.WriteLine("Please enter a valid e-mail address.")
EndIf
Khusus untuk LAB ini saya buatkan pseudo-codenya:
1. Tampilkan kata "Please enter a valid e-mail address: "
2. Simpan alamat email yang diberikan ke dalam variabel EmailID
3. Cari apakah karakter "." ada di dalam teks yang dimasukkan ke dalam variabel EmailID. Dan simpan hasil penelitiannya ke dalam variabel n.
4. Cari apakah karakter "@" ada di dalam teks yang dimasukkan ke dalam variabel EmailID dan simpan hasil penelitiannya (true atau false) ke dalam variabel m.
5. Jika kedua variabel m dan n adalah true, true -- sesuai dengan tabel kebenaran teks yang dimasukkan adalah sebuah Email yang valid. Jadi, program akan mengeluarkan kata: "You have entered a valid e-mail address"
6. Jika kedua variabel m dan n adalah tidak true, -- sesuai dengan tabel kebenaran teks yang dimasukkan adalah bukan sebuah Email yang valid. Maka, program akan mengeluarkan kata: Please enter a valid e-mail address.
Exploring shapes
Draw (menggambar), rotate (memutar), animate (menggerak-gerakkan) shapes.
Operasi yang akan digunakan:
1. Addimage (untuk menggambarkan image / gambar .jpg)
2. Addrectangle (untuk menggambarkan persegi atau rectangle)
3. Hideshape (untuk menyembunyikan shape tertentu)
4. Showshape (untuk mengeluarkan dari persembunyian suatu shape tertentu)
5. Setopacity (untuk mengatur ketembus-pandangan suatu shape tertentu)
6. Move (untuk menggeser shape)
7. Animate (untuk menggeser shape perlahan-lahan)
8. Zoom (untuk men-zoom in atau men-zoom out suatu shape)
Tujuan: untuk lebih menghidupkan bagaimana shape bergerak.
LAB 1 :
Pada lab ini, program pada dasarnya hanya menunjukkan(ShowShape), menyembunyikan (HideShape), membeningkan(SetOpacity) sebanyak 10 kali menggunakan loop for.. endfor..
rectangle = Shapes.AddRectangle(400, 300)
For i = 1 To 10
Shapes.ShowShape(rectangle)
Program.Delay(1000)
Shapes.HideShape(rectangle)
Shapes.SetOpacity(rectangle, 100 - i * 10)
Program.delay(800)
EndFor
Ini pada dasarnya seperti menimbul tenggelamkan suatu shape dalam hal ini shape persegi panjang.
LAB 2:
'Sebelum memulai lab ini, taruh suatu gambar .jpg di drive D: milik mu. Program ini pada dasarnya hanya men-zoom-in suatu gambar. Oke, silahkan di paste ke editor small basic milik mu:
imagepath = "D:\pic1.jpg"
gambaryangakandizoom = Shapes.AddImage(imagepath)
Shapes.Move(gambaryangakandizoom, 5,5)
Shapes.Animate(gambaryangakandizoom, 20, 20, 1000)
Shapes.zoom(gambaryangakandizoom, 0.1, 0.1)
For i = 0 To 1 Step 0.1
Program.Delay(1000)
Shapes.zoom(gambaryangakandizoom, 0.1 + i, 0.1 + i)
EndFor
LAB 3:
GraphicsWindow.PenWidth = 2
GraphicsWindow.PenColor = "Black"
GraphicsWindow.BrushColor = "Purple"
rectangle1 = Shapes.AddRectangle(100, 100)
Shapes.Move(rectangle1, 50, 80)
rectangle2 = Shapes.AddRectangle(100, 100)
Shapes.Move(rectangle2, 300, 80)
For i = 1 To 4
Program.Delay(1000)
Shapes.Zoom(rectangle1, i * 0.4, i * 0.4)
Shapes.SetOpacity(rectangle1, i * 5)
EndFor
LAB 4:
Sball = Shapes.AddEllipse(100, 100)
Shapes.Move(Sball, 0, 340)
x = 450
GraphicsWindow.DrawRectangle(550, 0, 80, 450)
GraphicsWindow.BrushColor = "Purple"
GraphicsWindow.FillRectangle(550, 0, 80, 450)
Shapes.Animate(Sball, x, 40, 490)
Program.Delay(500)
If (Shapes.GetLeft(Sball) = x ) Then
Shapes.animate(Sball, 0, 340, 500)
EndIf
LAB 5
Pada dasarnya program ini hanya membuat rectangle baru atau addrectangle dan menggesernya ke posisi sebanding dengan i. Jumlah rectangle yang akan dibuat sebanyak 21 karena jumlah for adalah dari 0 sampai 20.
For i = 0 To 20
GraphicsWindow.PenWidth = "0.5"
GraphicsWindow.BrushColor = GraphicsWindow.GetRandomColor()
rectangle1 = Shapes.AddRectangle(i * 20, i * 10)
Shapes.move(rectangle1, i * 10, i * 10)
Program.Delay(500)
EndFor
Selamat! Kamu sekarang sudah tahu cara menggunakan beberapa operation atau function dari obyek shape. Juga kamu sudah mencoba membuat beberapa animasi.
Draw (menggambar), rotate (memutar), animate (menggerak-gerakkan) shapes.
Operasi yang akan digunakan:
1. Addimage (untuk menggambarkan image / gambar .jpg)
2. Addrectangle (untuk menggambarkan persegi atau rectangle)
3. Hideshape (untuk menyembunyikan shape tertentu)
4. Showshape (untuk mengeluarkan dari persembunyian suatu shape tertentu)
5. Setopacity (untuk mengatur ketembus-pandangan suatu shape tertentu)
6. Move (untuk menggeser shape)
7. Animate (untuk menggeser shape perlahan-lahan)
8. Zoom (untuk men-zoom in atau men-zoom out suatu shape)
Tujuan: untuk lebih menghidupkan bagaimana shape bergerak.
LAB 1 :
Pada lab ini, program pada dasarnya hanya menunjukkan(ShowShape), menyembunyikan (HideShape), membeningkan(SetOpacity) sebanyak 10 kali menggunakan loop for.. endfor..
rectangle = Shapes.AddRectangle(400, 300)
For i = 1 To 10
Shapes.ShowShape(rectangle)
Program.Delay(1000)
Shapes.HideShape(rectangle)
Shapes.SetOpacity(rectangle, 100 - i * 10)
Program.delay(800)
EndFor
Ini pada dasarnya seperti menimbul tenggelamkan suatu shape dalam hal ini shape persegi panjang.
LAB 2:
'Sebelum memulai lab ini, taruh suatu gambar .jpg di drive D: milik mu. Program ini pada dasarnya hanya men-zoom-in suatu gambar. Oke, silahkan di paste ke editor small basic milik mu:
imagepath = "D:\pic1.jpg"
gambaryangakandizoom = Shapes.AddImage(imagepath)
Shapes.Move(gambaryangakandizoom, 5,5)
Shapes.Animate(gambaryangakandizoom, 20, 20, 1000)
Shapes.zoom(gambaryangakandizoom, 0.1, 0.1)
For i = 0 To 1 Step 0.1
Program.Delay(1000)
Shapes.zoom(gambaryangakandizoom, 0.1 + i, 0.1 + i)
EndFor
LAB 3:
GraphicsWindow.PenWidth = 2
GraphicsWindow.PenColor = "Black"
GraphicsWindow.BrushColor = "Purple"
rectangle1 = Shapes.AddRectangle(100, 100)
Shapes.Move(rectangle1, 50, 80)
rectangle2 = Shapes.AddRectangle(100, 100)
Shapes.Move(rectangle2, 300, 80)
For i = 1 To 4
Program.Delay(1000)
Shapes.Zoom(rectangle1, i * 0.4, i * 0.4)
Shapes.SetOpacity(rectangle1, i * 5)
EndFor
LAB 4:
Sball = Shapes.AddEllipse(100, 100)
Shapes.Move(Sball, 0, 340)
x = 450
GraphicsWindow.DrawRectangle(550, 0, 80, 450)
GraphicsWindow.BrushColor = "Purple"
GraphicsWindow.FillRectangle(550, 0, 80, 450)
Shapes.Animate(Sball, x, 40, 490)
Program.Delay(500)
If (Shapes.GetLeft(Sball) = x ) Then
Shapes.animate(Sball, 0, 340, 500)
EndIf
LAB 5
Pada dasarnya program ini hanya membuat rectangle baru atau addrectangle dan menggesernya ke posisi sebanding dengan i. Jumlah rectangle yang akan dibuat sebanyak 21 karena jumlah for adalah dari 0 sampai 20.
For i = 0 To 20
GraphicsWindow.PenWidth = "0.5"
GraphicsWindow.BrushColor = GraphicsWindow.GetRandomColor()
rectangle1 = Shapes.AddRectangle(i * 20, i * 10)
Shapes.move(rectangle1, i * 10, i * 10)
Program.Delay(500)
EndFor
Selamat! Kamu sekarang sudah tahu cara menggunakan beberapa operation atau function dari obyek shape. Juga kamu sudah mencoba membuat beberapa animasi.
Subscribe to:
Posts (Atom)