Saturday, 8 March 2014

RIP V.2

RIP v2 is classless routing protocol.
RIP v2 provide subnet mask information in routing updates.
RIP will allow VLSM subnet information to be propagated throughout the network.

show ip protocols
untuk melihat interface mana yang ikut dalam proses pengiriman update
untuk melihat network / subnetwork apa saja yang dikirimkan sebagai route update

debug ip rip
what this router receive, what this router sent
who is sent what
untuk melihat apa yang dikirim dan terima suatu ruter
untuk melihat proses sumerisasi route updates

Automatic summerization
RIPv2 by default still automatically do summerization.

The routers will summarize routes at major network boundaries
clasful network = major network
clasful subnet address = major network subnet address = /8, /16, /32

Friday, 7 March 2014

I want to be an attractive men
I want to be an attractive person
I want  to be an attractive person
I want to be an attractive person
I will do anything to be an attractive personnn

Pengambilan keputusan berdasarkan kondisi nilai beberapa variabel

tentukan jumlah variabel: 3
tentukan jumlah kondisi variabel-1: 2 (ada polisi / tidak ada polisi)
tentukan jumlah kondisi variabel-2: 2 (padat, tidak padat)
tentukan jumlah kondisi variabel-3: 3 (merah, kuning, hijau)
 tentukan jumlah kondisi variabel keputusan: 2

Berapa jumlah keputusan yang akan dibuat? 2 x 2 x 3 = 8 keputusan

tentukan nama variabel 1: polisi
tentukan nama variabel 2: jumlah trafik
tentukan nama variabel 3: lampu

Thursday, 6 March 2014

He will be a gentlemen


Subnetting

Subnetting adalah proses matematis menghasilkan subnet
Subnet adalah suatu benda.

Tentang pekerjaan / bekerja

Wejangan dari seorang tua yang bijaksana:
"Kerja itu harus kerja yang mengeluarkan keringat dan mencari uang. Supaya enak tidur dan enak makan"

"Ada banyak jalan mencari uang"

Seorang muda dari suku minang merantau kesuatu daerah, beberapa bulan ia dibiayai/dikasih jajan oleh pamannya untuk sekedar jalan-jalan daerah itu. Sehingga pemuda itu akhirnya memahami seluk-beluk daerah itu. Pamannya kelak menghentikan pemberian jajan kepada pemuda itu dan memberikan sekaleng kacang goreng. "Nah, hidupmu ada di sekaleng kacang goreng ini". Sang pemuda yang sudah mengelilingi seluk-beluk daerah itu mempunyai modal yang kuat untuk melayap menjual kacang goreng itu (jadi pengenalan akan seluk-beluk juga bisa menjadi modal yang besar). Si pemuda itu berjualan. Setiap hari dia bisa menyimpan tabungan sepersekian dari modalnya berjualan. Uang hasil tabungannya itu disimpan ke Bank. Suatu hari ia, sudah mengumpulkan modal yang cukup untuk membuka toko kelontong. Dia teruskan menabung sepersekian dari modalya berjualan, dan akhirnya ia mempunyai modal yang cukup untuk membuka sebuah toko baju. Begitu seterusnya hingga ia berhasil mengelola hidupnya dengan bekerja dengan baik.