Wednesday 28 May 2014

Menjadikan Windows 7 sebagai DNS Server Jaringan Rumah kita

Silahkan analogikan DNS dengan buku telepon, dimana buku telepon menterjemahkan nama orang ke alamat lengkap rumah orang tersebut.

DNS Server adalah server yang menterjemahkan suatu nama ke alamat IP.

Dengan adanya DNS server di jaringan rumah kamu, kamu tidak perlu lagi bersusah payah mengingat atau mengetik alamat IP mesin komputer kamu untuk bisa berinteraksi dengannya.

Contohnya:
Jika kamu ingin telnet ke PC1 kamu, kamu tidak perlu lagi mengetik alamat IP nya, contoh: 192.168.2.101. Kamu cukup mengetik namanya saja setelah perintah telnet, contoh: telnet PC1.

Menarik? Ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Memasukkan data
Silahkan edit file host yang ada di lokasi ini: %SystemRoot%\system32\drivers\etc\hosts. Kalau punya penulis itu ada di C:/Windows/Systems32/drivers\etc\hosts.
2. Buka file host tersebut dengan notepad
3. Ketik kalimat berikut di baris baru
tplink 192.168.2.1
4. Save lagi file tersebut
5. Selesai

Testing:
1. Buka Web browser
2. Ketik di kotak URL Web browser itu: tplink
3. Seharusnya tampilan GUI tplink itu muncul.



















Tuesday 27 May 2014

Bagaimana cara menjadikan Windows7 sebagai Web Server

Tujuan: untuk mampu mempublikasi/meng-hosting halaman web buatan kamu sendiri di jaringan komputer/LAN rumahmu.

Langkah untuk menyiapkan komputer Windows 7 mu sebagai Web Server:
1. Klik Start > Control Panel
2. Klik Programs and Features
3. Klik Turn Windows Feature on or off (butuh account Administrator)
4. Klik Internet Information Services untuk memperluas
5. Klik World Wide Services untuk memperluas
- Centang Common HTTP Features
- Centang Health and Diagnostic
- Security
 6. Klik Web Management tools untuk memperluas
- Centang IIS Management Console
7. Klik OK
Windows akan mulai menginstal

1. Klik Start > Control Panel
2. Klik System and Security
3. Klik Administrative Tools
4. Klik Icon: Internet Information Service Manager
Muncul Jendela Internet Information Service Manager


Monday 26 May 2014

Sekilas tentang sistem DNS

Root server menyimpan dan mengupdate alamat IP server top-level domain.
Record

 

Simbol matematika mempermudah pemahaman dan contoh penggunaan

1. Tanda panah (->)
Contoh:

DNS melayani permintaan pemetaan IP Address ke FQDN (Fully Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP Address.
DNS melayani IP Address -> FQDN dan FQDN -> IP Address

2. Tanda Sama dengan (untuk sama arti atau sama nilai)

3. Simbol elemen

Sunday 25 May 2014

Tujuan dari game 1: untuk mengenali arah (depan, belakang, kiri, kanan)
Tujuan dari game 2: untuk mengenali cara mencari fungsi
Tujuan dari game 3: untuk mengenali piano

Saturday 24 May 2014

Network Glossary

Best path adalah jalur tercepat ke suatu tujuan tertentu. Penentuan jalur tercepat ini berbasis metrik routing protocol.

Kabel adalah media transmisi dari kabel tembaga atau serat optik yang dibungkus didalam sebuah kulit pelindung.

Classful IP addressing, di hari-hari awal dari IPv4, alamat-alamat IP dikelompokkan kedalam 5 kelas, yakni Kelas A, Kelas B, Kelas C, Kelas D, Kelas E.

Classful Routing Protocol adalah Routing Protocol yang menggunakan pengalamatan IP classful. Routing protocol ini tidak membutuhkan informasi tentang subnet mask di operasi perutean mereka. Mereka mengasumsikan mask-mask itu classful.

Classless Inter-Domain Routing (CIDR) adalah teknik yang didukung oleh BGPv4 dan berdasarkan pada route aggregation. CIDR memungkinkan ruter-ruter untuk menyatukan rute-rute yang dimiliki kedalam satu kelompok untuk mengurangi jumlah informasi routing yang dipunyai router core. Jadi dengan adanya CIDR, beberapa jaringan IP akan kelihatan sebagai suatu entitas tunggal untuk jaringan-jaringan diluar kelompok jaringan itu. Dengan CIDR, alamat-alamat IP dan subnetmask nya ditulis sebagai empat oktet, dipisahkan sebuah titik, diikuti dengan sebuah slash forward dan sebuah 2 dijit angka yang merepresentasikan subnetmask.

Contiguous Address Assignment adalah pengalamat jaringan yang memungkinkan untuk dilakukannya sumerisasi alamat jaringan.

Converged adalah kondisi dimana router-router atau intermediate devices telah mempunyai topologi jaringan yang sama di dalam tabel routing mereka.

Cost adalah suatu nilai semaunya (arbitrary) yang biasanya berdasarkan pada jumlah hop, bandwidth dari media, atau ukuran-ukuran lainnya, yang ditentukan oleh seorang administrator jaringan dan cost ini digunakan untuk membuat perbandingan banyak jalur/path. Semakin rendah cost, jalur/path semakin baik. Routing protocol menggunakan cost untuk menentukan jalur/path yang menguntungkan ke suatu jaringan tujuan.

Database Descriptors(DBD) adalah paket-paket yang digunakan di dalam OSPF yang memuat header dari link-state advertisement (LSA) dan menjelaskan isi dari link-state database seluruhnya. Ruter-ruter mempertukarkan DBD-DBS nya selagi dalam fase Exchange dari pembentukan adjacency (kekerabatan).

Datagram

Default-gateway adalah sebuah perangkat didalam suatu network yang bertugas sebagai sebuah access point ke suatu network lain. Sebuah default gateway digunakan oleh suatu host ketika sebuah alamat IP tujuan

Fast switching adalah fitur cisco dimana sebuah route cache digunakan mempercepat proses switching paket (tukar interface). Bandingkan dengan slow switching.

Flooding adalah teknik penerusan trafik/paket yang digunakan oleh switch dan bridge dimana trafik yang telah diterima di suatu interface dikirimkan keluar kesemua interface yang lain yang ada di perangkat itu terkecuali interface penerima.

Flow control adalah teknik untuk memastikan bahwa pengirim (misal: sebuah modem) tidak sampai membanjiri penerima dengan data-data yang kiriman. Ketika buffer-buffer pada penerima penuh, pesan dikirim ke si pengirim untuk memberitahu pengirim agar menghentikan pengiriman data sementara sampai data yang ada di dalam buffer-buffer si penerima itu selesai diproses.

Frequency modulation adalah teknik modulasi dimana untuk merepresentasikan nilai data yang berlainan (0 dan 1) digunakan sinyal berfrekuensi yang berbeda-beda.

Full duplex adalah kemampuan sebuah link komunikasi antara dua entiti dimana entiti pertama bisa mengirimkan data kepada entiti kedua dan entiti kedua bisa mengirimkan data kepada entiti pertama secara bersamaan tanpa saling berinterferensi.

Full-mesh adalah sebuah julukan untuk jaringan dimana setiap perangkat dari jaringan itu--misal router, saling terhubung ke router-router lainnya, baik terhubungan secara fisikal maupun terhubung secara logikal. Full-mesh memberi banyak ketercadangan (redundancy) akan tetapi untuk mengimplementasi jaringan full-mesh ini butuh biaya yang sangat mahal Jadi, full-mesh biasanya diperuntukkan untuk menjadi backbone-backbone suatu network saja.

Komunikasi satelit adalah penggunaan satelit-satelit yang mengorbit untuk melari-estafetkan(relay) data banyak stasiun bumi. Komunikasi satelit menawarkan bandwidth tinggi dan biaya yang tidak tergantung jarak stasiun bumi, delay propagasi yang lebar, dan kemampuan untuk broadcast.

TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) adalah suatu fitur dari WPA yang digunakan untuk menjamin keutuhan atau ketidakdiubahan atau keintegritasan(integrity) suatu data dalam transmisi data nirkabel.

TFTP (Trivial File Transfer Protocol) adalah versi sederhana dari FTP yang memungkinkan file-file ditransfer dari suatu komputer ke komputer yang lain melalui jaringan.

Telnet adalah perintah yang digunakan untuk menguji ke-OK-an perangkat lunak layer aplikasi sumber dan stasiun tujuan. Telnet adalah mekanisme uji yang paling lengkap yang ada saat ini.

HFC (Hybrid Fiber Coax) adalah sebuah network yang menggabungkan serat optik serta kabel coaxial untuk menciptakan jaringan broadband. Biasanya HFC digunakan oleh perusahaan TV kabel.

Hexadecimal adalah sistem penomoran berbasis 16 yang karakter-karakternya dimulai dari 0-9 dan A-F (untuk merepresentasikan angka desimal 10-15).

Interframe Gap menyediakan waktu jeda/istirahat sesaat antar frame untuk memungkinkan perangkat bersiap-siap menerima frame berikutnya. Penjarakan interframe didalam frame-frame Ethernet biasanya 96 bit.

Intermediary devices adalah sebuah perangkat yang terhubung secara langsung dengan perangkat-perangkat end user atau perangkat yang menyediakan end user perutean ke jaringan-jaringan yang lain. Sebagai contoh, ruter adalah contoh dari intermediary device.

Remote network adalah network yang tidak directly-connected terhadap suatu router.

Multiaccess network adalah sebuah network yang mendukung lebih dari 2 router.











Friday 23 May 2014

Mengenal daftar protokol jaringan yang ada di packet tracer

ARP
BGP
CDP
DHCP
DNS
DTP
EIGRP
FTP
H.323
HSRP
HTTP
HTTPS
ICMP
ICMPv6
IPSec
ISAKMP
LACP
NTP
OSPF
PAgP
POP3
RADIUS
RIP
RTP
SCCP
SMTP
SNMP
SSH
STP
SYSLOG
TACACS
TCP
TFTP
Telnet
UDP
VTP

ARP
Frame ARP dikeluarkan dari suatu host ketika host tersebut hendak mengetahui alamat MAC suatu mesin yang lain di dalam jaringan yang sama. Jenis-jenis paket ARP antara lain: ARP request dikirim secara broadcast, ARP reply dikirim secara unicast

Sebuah frame gratuitous ARP Request to fix the LAN hosts' ARP cache due to a duplicate IP address conflict. Frame ARP request tipe gratuitous ini biasanya di kirim ketika interface suatu router baru saja dikonfigurasi alamat IP nya dan diaktifkan (no shutdown) untuk melihat apakah di LAN ada yang punya alamat IP yang sama karena hal ini bisa menyebabkan konflik.



DHCP
DHCP adalah protokol yang digunakan oleh suatu host untuk meminta sebuah alamat IP, alamat default-gateway, alamat server DNS dan digunakan oleh suatu server DHCP untuk memberikan (assign) data-data itu ke host yang meminta.

DHCP menggunakan UDP port 67

Komponen dari protokol DHCP yang berpartisipasi: DHCP client, DHCP server dan DHCP relay.

DNS
DNS adalah sebuah protokol yang digunakan untuk menterjemahkan nama-host computer(domain name) ke alamat IP.

DNS menggunakan TCP atau UDP port 53

Komponen DNS: DNS client, DNS server, DNS relay.

HTTP
HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempublish dan mengambil halaman HTML / halaman webpage.

HTTP biasanya menandai komunikasinya dengan mengukir nomor port 80 di dalam bagian informasi TCP.

NTP 
NTP adalah protokol yang digunakan untuk menyamakan jam beberapa perangkat.

NTP menggunakan UDP port 123.

Komponen NTP: NTP server dan NTP client.

RTP
RTP adalah format paket yang digunakan untuk mengantarkan audio dan video atas internet

SMTP
SMTP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail menggunakan internet.

SMTP menggunakan TCP port 25.

SSH
SSH adalah sebuah secure channel yang menggunakan jenis kriptografi public-key untuk proses autentikasi user kepada remote komputer, autentikasi remote komputer kepada user dan untuk proses pengaburan isi pembicaraan antara keduanya.

Seperti yang diketahui jenis kriptografi public-key cukup handal saat ini dalam mencegah si penguping (eavesdropper) pembicaraan antara komputer dan remote komputer.

BGP
BGP adalah protokol yang menukarkan informasi kebisa-dijangkauan suatu sistem BGP dengan suatu sistem BGP lain.
BGP ada di RFC 1163.

POP3
POP3 menggunakan UDP port 110.

Telnet
Telnet menggunakan TCP port 23

FTP
FTP menggunakan:
- TCP port 20 untuk signaling dan
- TCP port 21 untuk transfer data aktual
Blok salah satu dari port ini = FTP gagal.


Tuesday 20 May 2014

SMALL BASIC: Source code untuk Piano Sederhana

Berikut source code untuk piano di bahasa pemrograman SMALL BASIC. Silahkan kamu copy dan paste kan ke editor kamu kemudian jalankan atau Run atau tombol F5. Snapshot ada dibawah.

GraphicsWindow.Title = "Piano untuk Naomi"
GraphicsWindow.MouseDown = mouseclick
lebartutsputih = 50
tinggitutsputih = 200
lebartutshitam = 25
tinggitutshitam = 125

'penciptaan dan peletakkan tutshitam dan putih
GraphicsWindow.BrushColor = "yellow"
For i = 0 To 16
tutsputih[i] = Shapes.AddRectangle(lebartutsputih, tinggitutsputih)
shapes.Move(tutsputih[i],i*50,200)
EndFor

GraphicsWindow.BrushColor = "black"
For i = 0 To 16
  tutshitam[i] = Shapes.AddRectangle(lebartutshitam, tinggitutshitam)
  Shapes.Move(tutshitam[i],25 + i*50,200)
EndFor

Shapes.Remove(tutshitam[2])
Shapes.Remove(tutshitam[6])
Shapes.Remove(tutshitam[9])
Shapes.Remove(tutshitam[13])
Shapes.Remove(tutshitam[16])

'pengkondisian
Sub mouseclick
  ''UNTUK TUTS1
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[0]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[0]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[0]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[0]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 C")
    Shapes.setOpacity(tutsputih[0], 80)
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[0]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[0]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[0]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[0]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O4 C#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[0]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[0])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[0]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[0])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O4 C")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS2
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[1]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[1]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[1]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[1]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 D")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[1]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[1]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[1]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[1]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O4 D#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[1]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[1])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[1]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[1])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O4 D")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS3
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[2]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[2]) + lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[2]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[2]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 E")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS4
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[3]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[3]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[3]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[3]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 F")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[3]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[3]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[3]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[3]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O4 F#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[3]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[3])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[3]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[3])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O4 F")
  EndIf
EndIf


  'UNTUK TUTS5
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[4]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[4]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[4]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[4]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 G")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[4]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[4]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[4]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[4]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O4 G#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[4]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[4])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[4]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[4])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O4 G")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS6
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[5]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[5]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[5]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[5]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 A")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[5]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[5]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[5]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[5]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O4 A#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[5]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[5])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[5]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[5])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O4 A")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS7
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[6]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[6]) + lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[6]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[6]) Then
    Sound.PlayMusic("O4 B")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS8
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[7]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[7]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[7]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[7]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 C")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[7]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[7]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[7]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[7]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O5 C#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[7]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[7])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[7]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[7])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O5 C")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS9
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[8]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[8]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[8]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[8]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 D")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[8]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[8]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[8]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[8]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O5 D#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[8]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[8])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[8]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[8])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O5 D")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS10
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[9]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[9]) + lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[9]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[9]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 E")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS11
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[10]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[10]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[10]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[10]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 F")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[10]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[10]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[10]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[10]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O5 F#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[10]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[10])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[10]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[10])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O5 F")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS12
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[11]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[11]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[11]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[11]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 G")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[11]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[11]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[11]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[11]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O5 G#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[11]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[11])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[11]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[11])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O5 G")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS13
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[12]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[12]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[12]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[12]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 A")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[12]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[12]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[12]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[12]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O5 A#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[12]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[12])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[12]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[12])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O5 A")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS14
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[13]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[13]) + lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[13]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[13]) Then
    Sound.PlayMusic("O5 B")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS15
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[14]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[14]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[14]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[14]) Then
    Sound.PlayMusic("O6 C")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[14]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[14]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[14]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[14]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O6 C#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[14]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[14])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[14]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[14])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O6 C")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS16
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[15]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[15]) + lebartutsputih/2 Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[15]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[15]) Then
    Sound.PlayMusic("O6 D")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutshitam[15]) And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutshitam[15]) + lebartutshitam Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutshitam[15]) And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutshitam[15]) + tinggitutshitam Then
    Sound.PlayMusic("O6 D#")
  EndIf
EndIf

If GraphicsWindow.MouseX >= Shapes.GetLeft(tutsputih[15]) + lebartutsputih/2 And GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.GetLeft(tutsputih[15])+ lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.GetTop(tutsputih[15]) + tinggitutshitam And GraphicsWindow.MouseY <= Shapes.GetTop(tutsputih[15])+tinggitutsputih Then
    Sound.PlayMusic("O6 D")
  EndIf
EndIf

  'UNTUK TUTS17
  If GraphicsWindow.MouseX >= shapes.Getleft(tutsputih[16]) and GraphicsWindow.MouseX <= Shapes.Getleft(tutsputih[16]) + lebartutsputih Then
  If GraphicsWindow.MouseY >= Shapes.Gettop(tutsputih[16]) And GraphicsWindow.MouseY <= tinggitutsputih + Shapes.Gettop(tutsputih[16]) Then
    Sound.PlayMusic("O6 E")
  EndIf
EndIf
EndSub